Masih Takut untuk Donor Darah? Ini Manfaat yang Didapat Saat Donor Darah!

Mendonorkan darah dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Tapi, selain bermanfaat bagi orang lain ternyata donor darah juga memiliki manfaat bagi pendonor. Sayangnya, tak semua orang berani untuk melakukan donor darah karena ada beberapa efek samping yang sebenarnya kondisi yang normal. 

Menurut Palang Merah Amerika, satu sumbangan darah dari pendonor dapat menyelamatkan sebanyak tiga orang. Tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, berikut manfaat donor darah bagi kesehatan!

Menjaga kesehatan jantung

7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Mudah

Mendonorkan darah dapat membantu memperlancar aliran darah sehingga mencegah terjadinya penyumbatan arteri. Terdapat penelitian yang menyatakan jika rutin mendonorkan darah dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung sampai 88 persen. Jika Anda rutin melakukan donor darah, Anda dapat menjaga kadar zat besi dalam darah tetap normal.

Membantu menurunkan berat badan

Berbagai Aturan yang Perlu Diperhatikan Saat Menurunkan Berat Badan -  Alodokter

Ternyata mendonorkan darah dapat menurunkan berat badan, dengan mendonorkan darah sebanyak 450 ML dapat membakar kalori sebanyak 650 kalori. Maka dari itu, donor darah bermanfaat untuk menjaga berat badan dan menjauhi resiko obesitas. Meskipun begitu, bukan berarti donor darah dijadikan ajang untuk menurunkan berat badan, ya!

Mengecek kondisi kesehatan

6 Tes Sederhana Cek Kondisi Kesehatan Tubuh Ini Bisa Dilakukan di Rumah  Lho, Sudah Pernah Coba? - Tribun Jatim

Sebelum melakukan donor darah Anda akan dicek terlebih dahulu mulai dari tekanan darah, suhu tubuh, nadi, dan kadar hemoglobin. Setiap darah yang didonorkan juga akan di tes untuk mendeteksi penyakit menular seperti HIV, hepatitis, sifilis, dan malaria. Jadi, Anda akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis yang dapat mendeteksi masalah kesehatan Anda.

Meningkatkan produksi sel darah merah

Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Melakukan donor darah dapat meningkatkan sel darah merah. Ini karena ketika melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Kemudian sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah yang baru dan menggantikan sel darah merah yang hilang. Akhirnya tubuh Anda akan melakukan pembentukan darah baru yang segar. 

Itulah manfaat secara kesehatan jika Anda melakukan donor darah. Jadi, apakah masih takut?

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.