Space Out Challenge: Kontes Melamun Tahunan di Korea Selatan

ource (https://www.facebook.com/seoulcitykorea/posts/2039573276060899/)

Siapa, sih, yang tidak sudah malas-malasan dan tidak melakukan apapun? Ternyata, hal yang dianggap sia-sia ini dijadikan kontes tahunan di Korea Selatan. Space Out Challenge sudah diadakan sejak 2014 lalu yang menantang pesertanya untuk melamun tanpa melakukan apapun selama 90 menit.

Kontes yang terbilang unik ini dicetuskan oleh seniman Woops Yang, menurutnya melamun adalah bentuk penghargaan diri yang bernilai seperti kemewahan secara materi. Dilakukan pada satu hari dalam satu tahun, Space Out Challenge tahun ini diadakan di pulau Jeju dengan hutan yang terkenal sebagai tempat untuk healing. 

Biasanya space out challenge diadakan di kota-kota besar Korea Selatan seperti Seoul, Incheon, dan Daegu. Karena diadakan oleh seniman, kontes ini bertujuan sebagai pertunjukan publik untuk menciptakan visual antara penduduk kota yang super sibuk dengan orang yang menganggur.

Aturan kontes ini sederhana, peserta hanya perlu berdiam diri selama 90 menit dan  panitia akan mengecek denyut nadi peserta setiap 15 menit sekali. Pemenang akan ditentukan berdasarkan denyut nadi yang paling stabil. Selama kontes berlangsung, peserta tidak diperbolehkan untuk tertawa dan akan didiskualifikasi jika ketahuan tidur. 

Awalnya Woops Yang menciptakan Space Out Challenge sebagai bentuk penolakan terhadap masyarakat Korea Selatan yang serba cepat dan penuh tekanan. Adanya kontes ini dijadikan ajang untuk self healing dari rutinitas di Korea Selatan yang menuntut kecepatan. Jadi, bukan hanya sekadar kontes berdiam diri tanpa ada artinya, ya!

Space Out Challenge juga dapat dijadikan wadah bagi orang-orang tidak memiliki banyak waktu untuk istirahat, meskipun mereka lelah dan sangat membutuhkannya. Ketika mereka merasa bersalah untuk membuang-buang waktu sementara orang lain tetap sibuk, kontes ini menjadi pelampiasannya.

Jadi, Woops Yang membuat orang-orang tersebut untuk membuang waktunya dengan tidak melakukan apa-apa namun dalam sebuah niat, yaitu mengikuti kontes. Hal ini juga disambut baik dan setiap tahunnya banyak peserta yang antusias untuk mengikuti kompetisi ini. Apakah Anda tertarik untuk mengikuti Space Out Challenge?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.