Food Coma: Kondisi Mengantuk Setelah Makan

Apakah Anda pernah mengalami ngantuk setelah makan? Kondisi ini memiliki istilah yang disebut food coma. Ketika perut penuh dan rasanya mata berat ingin tidur, ini disebut food coma dan sudah sangat umum dialami oleh kebanyakan orang. Sebetulnya, kondisi ini masih normal, namun jika terlalu sering dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Food coma merupakan sebuah kondisi saat tubuh merasa mengantuk dan lemas setelah makan. Secara medis, kondisi ini disebut sebagai somnolen postprandial. Kondisi seperti ini terjadi karena porsi makan yang besar dan nutrisi yang tidak seimbang. 

Kondisi ini terjadi karena indeks glikemik (angka peningkatan gula darah) yang tinggi pada karbohidrat. Adanya peningkatan indeks glikemik akan mendorong meningkatnya hormon insulin yang diketahui sebagai penyerapan dan penggunaan glukosa dari aliran darah setelah makan. Ini yang menyebabkan asam amino (tryptophan) masuk ke otak dan menjadi serotonin yang berhubungan dengan rasa kantuk.

Makanan yang mengandung tryptophan atau makanan yang menimbulkan rasa kantuk ditemukan di makanan yang memiliki protein tinggi, yaitu bayam, kacang kedelai, telur, kalkun, keju, dan makanan tinggi protein lainnya. 

Ternyata, asupan makanan yang mengandung asam amino dan karbohidrat dapat membuat orang malas dan mengantuk. Berdasarkan National Academy of Science merekomendasikan batas normal makanan tryptophan per hari, untuk orang dewasa sekitar 340 mg per hari. 

Cara mengatasi food coma

Minum Air Putih Sebelum Makan

Tenang, kebiasaan food coma masih bisa diatasi. Jika Anda sering melewatkan sarapan karena takut tidak sempat, Anda perlu mulai menyempatkan waktu untuk sarapan. Pasalnya, jika Anda melewatkan sarapan maka akan terdorong untuk makan dengan porsi besar di siang hari. Hal sepele ini yang menjadi pemicu utama food coma.

Selain itu, Anda juga dapat meminum air putih terlebih dahulu sebelum makan. Ini akan membantu tubuh membersihkan kelebihan glukosa dan urin. Cukup minum segelas air putih di 30 menit sebelum makan, dapat menjadi solusi mudah untuk terhindari dari food coma. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.