Menilik Sejarah Teka Teki Silang Permainan Kata Mengasah Otak

Apakah Anda pernah mendengar teka teki silang? Permainan ini kerap kali ditemukan di surat kabar, majalah, maupun di buku khusus yang dijual bebas di pasaran. Teka teki silang atau crossword puzzle tak hanya populer di Indonesia, melainkan di berbagai belahan dunia pula.

Pertama dikenal di Inggris pada abad ke-19, permainan ini dicetuskan oleh seorang jurnalis bernama Arthur Wynne dari Liverpool. Teka teki silang ini terbit di Sunday Edition The New York World pada 21 Desember 1913. Bentuknya pun masih sederhana dengan hanya beberapa kata saja, jauh tak sekompleks teka teki silang saat ini.

Pada mulanya, Wynne mendapatkan perintah dari atasannya untuk membuat sebuah permainan yang dapat dimuat dalam surat kabar. Setelah memutar otak, ia pun memutuskan untuk membuat permainan dengan mekanisme memasukkan kata yang dimaksud dalam kotak yang telah disediakan. Hal ini terinspirasi dari masa kecilnya memainkan permainan bernama magic squares.

Ternyata, permainan teka teki silang ala Wynne ini digemari oleh masyarakat Inggris pada saat itu. Hal ini karena permainannya tak terlalu sulit, mengasah otak, namun tetap menyenangkan. Karenanya, banyak media yang turut membuat teka teki silang dengan versinya masing-masing.

Hingga sekitar tahun 1920-an, semakin banyak media massa yang melampirkan teka teki silang dalam surat kabarnya. Seperti halnya media The Pittsburgh Press pada 1916 juga The Boston Globe pada 1917. Pada 1922 teka teki silang mulai dikenal di Inggris, banyak media massa Inggris yang membuat inovasi dari teka teki silang milik Wynne.

Banyaknya versi dari teka teki silang melatarbelakangi New York Times untuk membuat aturan baku bagi permainan ini. Aturan baku tersebut diantaranya adalah berbentuk simetris, terdiri dari kolom mendatar dan menurun, jumlah minimal dari satu kata adalah tiga huruf, dan memiliki kotak hitam sebagai penghalang. Aturan inilah yang dikenal dan dipergunakan hingga saat ini. Teka teki silang banyak dimainkan saat kumpul keluarga, terkadang dapat dimainkan saat tengah suntuk. Sadar atau tidak, teka teki silang dapat mengasah otak dan menambah kosakata dengan menjawab berbagai pertanyaan yang dilampirkan. Hal ini membuat teka teki silang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat.

Categories: Hobby, Short Story

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.