Waspada! Berikut Posisi Tidur yang Berbahaya Bagi Tubuh

Tidur merupakan kebutuhan manusia untuk mengisi energi, namun kadangkala posisi tidur yang salah dapat menjadi masalah. Akibatnya saat bangung bukannya segar tapi tubuh menjadi tidak nyaman dan sakit. Berikut adalah posisi tidur yang dapat Anda hindari agar bisa tidur dengan nyaman.

Posisi tengkurap

Kenali Bahaya Tidur Tengkurap bagi Kesehatan

Tidur dengan posisi tengkurap memang sangat nyaman, tapi ternyata ini adalah posisi tidur yang bahaya, lho! Selain menyebabkan kerusakan pada tulang belakang, tidur dengan posisi tengkurap dapat membuat leher terus berputar dan membuat badan tertekan. Sehingga sirkulasi pernapasan Anda menjadi buruk, bahkan menurut penelitian dapat menyebabkan kematian mendadak. 

Selain adanya masalah bagi kesehatan, tidur dengan posisi tengkurap dapat mempengaruhi mimpi. Menurut sebuah studi dalam jurnal Dreaming pada 2012 menyatakan jika orang yang tidur dengan posisi tengkurap dapat memimpikan hal yang positif atau bahkan fantasi seksual. Hal tersebut terjadi karena adanya tekanan pada subuh ketika tidur tengkurap sehingga dapat memicu mimpi yang bersifat seksual. 

Posisi kepala lebih tinggi

Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang | Bodrex

Tidur dengan bantal bertumpuk dan posisi kepala lebih tinggi dapat menyebabkan hyperflexion (cedera leher) dan leher tertarik. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah ‘salah bantal’, tentunya ini sangat tidak nyaman. Tak dapat disepelekan, posisi ini dapat menurunkan kapasitas paru-paru dan mengurangi asupan oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh.

Posisi tidur terlentang

6 Posisi Tidur dan Pengaruhnya bagi Kesehatan - Tokopedia Blog

Posisi tidur terlentang merupakan salah satu posisi tidur yang baik dan ideal untuk membuat tulang belakang sejajar. Namun posisi ini tidak baik bagi orang yang memiliki kebiasaan mendengkur. Adanya efek gravitasi dapat membuat pangkal lidah turun ke saluran pernafasan dan menghambat jalannya udara sehingga menimbulkan suara mendengkur. 

Bahayanya, bagi yang memiliki lidah lebih besar dapat mengalami penyumbatan nafas lebih sering dan dapat menyebabkan apnea tidur (gangguan tidur yang membuat pernapasan berhenti sementara dalam beberapa kali). 

Posisi meringkuk

Posisi Menentukan Prestasi, Ternyata Macam-macam Gaya Tidurmu Itu Ada  Artinya Loh! - Boombastis

Tidur meringkuk seperti janin dalam kandungan untuk sebagian orang menjadi posisi yang paling nyaman untuk tidur. Nyaman saat tidur bukan berarti bagus untuk kesehatan, posisi ini sebaiknya Anda hindari karena dapat berpengaruh buruk. Posisi ini menyebabkan punggung dan sendi tegang. 

Lalu, bagaimana posisi tidur terbaik? Anda dapat tidur dengan posisi menyamping dan ini dapat menjadi posisi tidur yang paling ideal. Posisi tidur menyamping juga disarankan untuk wanita hamil dan penderita asam lambung. 

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.