Meski Menyegarkan, Ini Bahaya Kebanyakan Mengkonsumsi Soda

Minuman soda menjadi andalan di tempat makan cepat saji. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat soda banyak diminati. Soda terbuat dari air yang dikarbonasi atau pencampuran karbon dioksida dengan tekanan tinggi, soda mengandung pewarna dan gula. Lalu apa dampaknya jika terlalu banyak mengkonsumsi soda? Berikut penjelasannya!

Memicu obesitas

Ini Alasannya Obesitas Bisa Sebabkan Diabetes Halaman all - Kompas.com

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, bisa empat kali lebih tinggi dari minuman biasa. Menurut jurnal yang dipublikasi oleh National Library of Medicine National Institute of Health pada 2007 menyebutkan jika masalah kesehatan pertama yang mengintai bagi pecinta soda adalah obesitas.

Jika mengkonsumsi soda secara berlebihan dapat meningkatkan resiko berat badan berlebihan hingga memicu obesitas. Ini terjadi karena banyaknya gula dan tinggi kalori. Bahkan, soda diet juga masih memiliki kandungan gula yang tinggi dan tidak baik dikonsumsi berlebihan.

Beresiko diabetes

Program Pengendalian Penyakit Kronis untuk Pasien Diabetes, Seberapa  Efektif? - Unair News

Setelah dapat memicu obesitas, minuman bersoda juga memicu diabetes. Adanya pemanis jenis fruktosa yang terkandung di soda dapat menyebabkan resistensi insulin. Itulah yang menyebabkan adanya resiko diabetes, mengingat soda memiliki kadar gula yang tinggi.

Berakibat osteoporosis

Osteoporosis: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi | Lifepack.id

Ternyata, kebanyakan mengkonsumsi soda secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan dan kerapuhan tulang. Jika tulang sudah rapuh dan rusak, resiko terkena osteoporosis juga meningkat. Selain itu, minuman soda dapat menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh yang mana kalsium dibutuhkan oleh gigi dan tulang agar tetap sehat.

Menyebabkan kekurangan vitamin

Tanda, Gejala, dan Dampak Kekurangan Vitamin D - Jovee.id

Minuman bersoda dapat menguras kalsium yang masuk ke tubuh karena memiliki kandungan asam folat. Soda juga dapat mempengaruhi penyerapan vitamin D yang masuk ke tubuh. Akibatnya tubuh menjadi kekurangan asupan vitamin karena diserap oleh soda. 

Itulah bahaya yang mengancam kesehatan jika terlalu banyak mengkonsumsi soda. Jadi, lebih baik untuk banyak mengkonsumsi air putih, ya!

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.