Siklus Datang Bulang Nggak Lancar? Coba Konsumsi Ini!

Normalnya siklus haid berlangsung selama 28 hari, tetapi kadang kala perempuan mengalami siklus yang tidak teratur. Ada banyak penyebab haid tidak lancar misalnya karena ketidakeimbangan hormon, adanya perubahan hormon, gaya hidup yang tidak sehat, dan faktor penyebab lainnya.

Beberapa makanan tertentu yang dikonsumsi dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan memperlancar periode haid. Berikut adalah makan sehat yang dapat memperlancar haid.

Kunyit

8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh - Alodokter

Selain menjadi bumbu dapur, kunyit dapat membantu memperlancar haid, ini karena kunyit memiliki kandungan untuk merangsang aliran darah di daerah panggul dan rahim. Tak asing lagi jika jamu kunyit asem menjadi andalan ketika siklus haid tidak lancar. Kunyit dapat mempengaruhi tingkat estrogen dan progesteron yang dapat merangsang menstruasi. 

Nanas

10 Manfaat Nanas Madu bagi Kesehatan, Apa Saja?

Menurut studi dalam Journal of the Pakistan Medical Association menyatakan jika  enzim dalam buah nanas yaitu bromelain dapat membantu hormon di rahim dan membantu mengurangi peradangan. Artinya, nanas dapat membantu melawan penyebab terlambatnya menstruasi karena adanya peradangan atau inflamasi. 

Jahe

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine menyebutkan jika terdapat senyawa di dalam jahe yang dapat melindungi tubuh dari peradangan. Adapun kandungan yang bermanfaat untuk memicu kontraksi otot sehingga membantu rahim untuk mempercepat pelepasan lapisannya. Selain itu jahe yang hangat juga dapat meredakan kram perut saat haid.

Vitamin C

Asupan vitamin C seperti buah jeruk, lemon, dan beri dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan menurunkan hormon progesteron. Ini dapat membuat rahim mengalami kontraksi yang bisa memicu terjadinya menstruasi. Selain buah-buahan tersebut, Anda dapat memperoleh vitamin C dari sayuran seperti tomat, brokoli, dan bayam. 

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.