Kenali Tanda dan Ciri Anak Hiperaktif

Memiliki anak yang aktif bergerak setiap hari mungkin cukup melelahkan bagi sebagian orangtua. Sebab dibutuhkan tenaga ekstra dalam mendampingi anak yang aktif bergerak setiap harinya. Hiperaktif sendiri merupakan suatu kondisi yang dialami anak-anak dan menunjukan adanya perilaku tidak bisa diam, anak yang hiperaktif umumnya lebih aktif dari teman sebayanya baik secara verbal atau fisik. Selain itu, anak yang terlalu aktif ini juga seringkali disamakan dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Sekali lagi ditekankan, anak yang aktif belum tentu hiperaktif ataupun ADHD kok… Tetapi jangan salah, Tak semua anak yang terlalu aktif bisa disebut hiperaktif lho! Sebagian orangtua sering berpendapat bahwa anaknya termasuk ke dalam kategori anak hiperaktif, padahal mungkin ia hanya anak yang aktif saja.. yuk simak dan kenali lebih lanjut penyebab dan ciri-ciri anak hiperaktif, diantaranya :

Berlari dan Berteriak Ketika Bermain

6 Ciri-Ciri Anak Hiperaktif dan Penyebabnya | Popmama.com

Ciri umum pertama adalah berlari dan berteriak ketika bermain. Mungkin terlihat normal terjadi pada anak-anak yang aktif, namun bagi anak hiperaktif, mereka akan selalu melakukan hal ini baik bermain di dalam ataupun di luar ruangan.

Berdiri dan Berjalan Ketika Jam Sekolah

Mengapa Orangtua Perlu Bersyukur Punya Anak yang Tak Bisa Diam Halaman all  - Kompas.com

Untuk anak usia sekolah, biasanya anak suka berdiri di tengah kelas dan berjalan ketika guru sedang berbicara. Hal ini tentu akan menganggu kegiatan belajar mengajar, Namun bagi anak hiperaktif, kegiatan ini adalah kegiatan menyenangkan karena sebagian dari mereka adalah anak yang tidak bisa berdiam diri.

Bergerak dan Berjalan Cepat

Bagus untuk Tumbuh Kembangnya, Ini Manfaat Olahraga Lari untuk si Kecil :  Okezone Lifestyle

Anak hiperaktif juga biasanya bergerak dan berjalan lebih cepat dari teman sebayanya. Hal ini bisa membuatnya bergerak dan berjalan hingga menabrak orang atau barang disekitarnya. Tentunya sangat membahayakan bagi anak. Untuk itu diperlukan pengawasan yang ekstra dalam mendampingi anak hiperaktif.

Selalu Ingin Bergerak Dalam Keadaan Apapun

Bagus untuk Tumbuh Kembangnya, Ini Manfaat Olahraga Lari untuk si Kecil :  Okezone Lifestyle

Dalam keadaan apapun, anak-anak hiperaktif cenderung ingin terus bergerak meski sedang duduk sekalipun. Hal ini normal terjadi, sebab pada dasarnya anak hiperaktif adalah anak yang mengalami kondisi tak bisa diam.

Categories: Love Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.