Manfaat Bermain Musik Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat bermain alat musik bagi kesehatan tidak bisa dianggap sepele. Bermain musik instrumental seperti piano, gitar, dan lain-lain dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga pikiran. Jadi selain makan makanan sehat, kamu juga bisa mendukungnya dengan bermain alat musik. Bermain alat musik instrumental, seperti gitar dan piano, telah terbukti memberikan rasa bahagia, meningkatkan kreativitas, serta merangsang telinga dan otot, bahkan otak. Karena itu, memainkan alat musik bahkan dapat meningkatkan kecerdasan. Tak peduli dengan usia dan tingkat kemahiran, bermain alat musik merupakan salah satu bentuk latihan kognitif. Berikut ini manfaat memainkan alat musik untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya :

Mentajamkan Pikiran

Sederet Manfaat Bermain Alat Musik untuk Otak dan Tubuh - Tribunnews.com  Mobile

Manfaat bermain musik bagi kesehatan yang pertama adalah mempertajam pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Memainkan musik secara teratur adalah bentuk olahraga otak. Misalnya saat bermain gitar, hal ini dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi fungsi kognitif. Saat bermain gitar, kamu harus fokus pada beberapa hal seperti belajar membaca akord, menyeimbangkan nada, bahkan menekan dan memetik senar.

Mengatur Suasana Hati

Ajak Anak-anak Main Musik Sejak Dini, Manfaatnya Akan Terasa Sampai Dewasa!  - Tribunnews.com Mobile

 bermain musik dapat mengurangi stres dengan menurunkan kadar kortisol. Bermain musik dengan kecepatan yang berbeda dapat lebih meningkatkan manfaat ini.  bermain musik dapat mengurangi stres dengan menurunkan kadar kortisol. Bermain musik dengan kecepatan yang berbeda dapat lebih meningkatkan manfaat ini.

Meningkatkan Sistem Pernapasan

Tujuh Cara untuk Meningkatkan Sistem Saluran Pernapasan Anda, Lakukan Mulai  Saat Ini! - Warta Kota

Bermain musik bagi kesehatan selanjutnya adalah meningkatkan sistem pernapasan. Manfaat ini berlaku pada alat musik instrument yang ditiup seperti seruling, karinet, dan lain-lain. Tentunya untuk mendapatkan manfaat ini kamu harus mengerti cara mengatur pernapasan dengan benar. Mengingat beberapa instrumen tersebut bergantung pada getaran udara yang kamu buat, jadi bernapas dengan efektif dan efisien juga menjadi salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari bermain musik.

Mengurangi Nyeri

Sederet Manfaat Hobi Bermain Gitar - Ngobrolin.id

Beberapa penelitian tentang kesehatan mental telah menyatakan bahwa bermain gitar dapat mengurangi, bahkan menyembuhkan rasa nyeri. Hal ini berkaitan dengan mendengarkan musik sebagai penyembuh rasa sakit.

Categories: Health, Music

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.