Pernah Dengan Cimol Bojot? Cimol Pedas dari Garut

Bagi Anda penikmat makanan pedas, Garut merupakan salah satu destinasi wisata kuliner serba pedas yang harus Anda datangi. Mulai dari otentiknya Sambal Cibiuk yang pedas lagi segar, hingga berbagai makanan ringan berwarna merah dengan taburan bubuk cabai yang begitu banyak. Salah satu makanan pedas khas Garut yang saat ini tengah digemari adalah cimol bojot.

Cimol sendiri merupakan panganan yang terbuat dari tepung kanji atau kerap kali disebut dengan aci. Cara pembuatannya dibulat-bulatkan di tangan atau digemol, menjadikannya berbentuk bulat. Jika biasanya cimol digoreng hingga kering dan memiliki tekstur berongga di dalamnya dan membuatnya terasa crispy, maka berbeda halnya dengan cimol bojot. 

Membuat cimol bojot terbilang cukup mudah. Anda tinggal memasukkan cimol siap goreng dalam minyak tak terlalu panas dengan durasi yang tak terlalu lama. Hal ini dibuat agar cimol memiliki tekstur yang kenyal namun matang merata hingga dalam. Teksturnya yang unik ini jelas membuat cimol bojot laris di pasaran. 

Perbedaan lain dengan cimol pada umumnya atau yang biasa disebut dengan cimol Bandung adalah bumbu taburannya. Anda dapat menambahkan bumbu balado bubuk, cabai bubuk, keju bubuk, maupun bumbu asin yang disebut dengan atom. 

Pada cimol bojot, Anda akan menemukan campuran bumbu dari minyak bawang, penyedap rasa, dan cabai giling bubuk. Perpaduan bumbu ini akan menghadirkan rasa otentik yang tak dapat Anda temui pada makanan ringan lainnya.

Berasal dari Kampung Bojot, Kecamatan Karangpawitan, Garut. Cimol bojot kini dapat dengan mudah Anda temui di berbagai wilayah terutama di Kota Bandung. Dipatok dengan harga lima ribu rupiah per porsinya membuat cimol bojot menjadi salah satu primadona makanan pedas yang disukai oleh masyarakat. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Kategori:Culinary, Food Story

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.