Bahaya Mengonsumsi Keripik Kentang Berlebihan

Jika Anda suka menikmati keripik, Anda dapat memastikan untuk melihat beberapa perubahan tubuh yang sangat menakutkan selama hidup Anda. Terutama jika Anda makan banyak camilan asin dan berlemak ini setiap hari, salah satunya keripik kentang. Meskipun rasanya enak, tetapi tentunya tidak baik bila camilan ini dikonsumsi dengan porsi yang berlebihan karena bisa memberikan risiko bagi tubuh. Berikut ini dampak buruk makan keripik kentang. Keripik kentang tinggi lemak dan kalori, dan dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan obesitas. Mengutip Fast Food Nutrition, satu kemasan keripik kentang punya kisaran kalori sekitar 130-250 kalori. Berikut ini adalah beberapa poin jika mengonsumsi keripik kentang secara berlebihan, diantaranya :

Berat Badan Naik

Apa Akibatnya Jika Berat Badan Naik Turun Drastis? Halaman all - Kompas.com

Keripik kentang tinggi lemak dan kalori, dan dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan obesitas. Mengutip Fast Food Nutrition, satu kemasan keripik kentang punya kisaran kalori sekitar 130-250 kalori. Studi dalam jurnal Health Affairs menemukan bahwa kentang yang digoreng dalam minyak (termasuk keripik) adalah makanan yang memiliki hubungan paling tinggi dengan kenaikan berat badan.

Tingkatkan Tekanan Darah

Efek Tekanan Darah Tinggi pada Organ Tubuh Halaman all - Kompas.com

Bahaya konsumsi keripik kentang berlebihan yang pertama adalah dapat meningkatkan tekanan darah. Jika Anda suka makan keripik, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mengalami hipertensi alias tekanan darah tinggi, berkat tingginya kadar natrium yang ditemukan di setiap sajian. Menurut Klinik Cleveland dan Sekolah Kedokteran Harvard, garam yang ditemukan dalam makanan ringan ini secara signifikan membuat kadar natrium Anda tidak stabil dibandingkan dengan makanan lain, yang bisa membahayakan Anda.

Rendah Nutrisi

Homemade Potato Chips - Beyond The Chicken Coop

Perlu diingat meskipun tinggi kalori, sama seperti jenis camilan lain, keripik kentang punya nutrisi rendah.Karena tinggi kalori dan dampak buruk makan keripik kentang bisa menambah berat badan, sebaiknya kurangi konsumsi dan beralih makan camilan yang lebih menyehatkan.

Tingkatkan Peluang Penyakit Jantung

Kematian Mendadak karena Serangan Jantung | Rumah Sakit EMC

Bahaya konsumsi keripik kentang berlebihan berikutnya adalah akan dapat meningkatkan peluang penyakit jantung. Jika Anda suka sekali makan keripik, Anda harus merencanakan untuk menghadapi potensi efek samping penyakit jantung, berkat karsinogenik akrilamida. Menurut Science Daily, akrilamida dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Kolesterol Tinggi

Sering Sakit Leher Sudah Pasti Gejala Kolesterol Tinggi?

Konsumsi keripik kentang berlebihan juga berisiko meningkatkan kadar kolesterol. Ini karena kebanyakan keripik kentang kemasan diolah dengan digoreng, yang menciptakan lemak trans sebagai jenis lemak paling berbahaya. Selain itu, dampak buruk makan keripik kentang juga bisa meningkatkan risiko kanker. Ini karena keripik kentang memiliki kandungan akrilamida.

Kategori:Health, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.