Buah-buahan Yang Mengandung Serat Tinggi

Banyak orang yang sadar dan tahu bahwa memenuhi asupan serat sebaiknya dilakukan. Salah satu manfaat asupan buah dalam tubuh adalah membantu melancarkan sistem pencernaan. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengerti dan mengenali jenis makanan mana yang mengandung serat. Padahal, kurang asupan serta bisa memberi dampak kurang baik bagi tubuh. Serat menjadi salah satu jenis nutrisi yang penting untuk dikonsumsi tubuh secara rutin. Dengan kata lain, penting untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi setiap hari mengandung serat, misalnya pada sayur dan buah. Asupan serap bisa menyebabkan tinja yang dihasilkan oleh organ pencernaan menjadi banyak dan lunak. Sementara, kekurangan makan makanan yang mengandung serat dapat menyebabkan susah buang air besar (BAB) atau sembelit. Berikut ini beberapa pilihan jenis buah yang terbukti mengandung serat tinggi:

Buah Naga

15 Manfaat Buah Naga: Superfood dengan Kandungan Superior

Kandungan serat dalam buah naga sekitar 0,7 gram per 100 gram bahan. Kandungan serat dalam buah naga bisa digunakan untuk melancarkan proses pencernaan makanan dan mencegah konstipasi. Karena kandungan nutrisinya, buah naga juga bisa digunakan untuk: Menurunkan kandungan gula darah, Membantu mengatasi rematik dan asam urat, Meningkatkan kesehatan organ penglihatan dan, Membantu mengontrol kadar kolesterol darah. Buah naga juga mengandung zat antioksidan sehingga bisa digunakan untuk mencegah kanker.

Pepaya

10 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Halaman all - Kompas.com

Pepaya juga mengandung serat dengan kadar 1,3 gram per 100 gram bahan. Serat ini di antaranya berguna untuk mengatasi sembelit. Selain itu, papain yang merupakan salah satu enzim protease bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan proses pencernaan protein. Pepaya juga mengandung karpaina, yakni jenis alkaloid yang berfungsi untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung, peluruh cacing, mengatasi sariawan, mengatasi infeksi, meredakan demam, termasuk melancarkan saluran pencernaan dan mengatasi susah BAB.

Alpukat

Payudara Bisa Besar dengan Makan Alpukat, Benarkah?

Alpukat hijau termasuk jenis buah yang banyak mengandung serat, yakni mencapai 2,2 gram per 100 gram bahan, sehingga berguna untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi atau sembelit. Alpukat hijau juga bisa digunakan untuk mencegah malnutrisi karena kandungan lemaknya tinggi.

Pisang

Kandungan Buah Pisang yang Mencengangkan - Aladokter

Pisang megandung serat sebanyak 0,6 gram per 100 gram bahan. Selain itu, pisang juga mengandung zat gizi lain, seperti: Vitamin A, Vitamin C, Fosfor, dan Zat besi. Sudah menjadi rahasia umum, kandungan kalium dan natrium dalam pisang juga tergolong tinggi. Kedua jenis zat gizi tersebut berguna untuk meningkatkan pertumbuhan sel dan otot dan membantu memproduksi energi.

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.