Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Tubuh secara alami akan menghasilkan radikal bebas sebagai zat limbah dari metabolisme. Meski demikian, kadar radikal bebas dapat meningkat apabila tubuh sering terpapar radiasi atau zat beracun yang terdapat pada asap rokok, polusi, pestisida, limbah pabrik, atau makanan olahan yang mengandung pengawet. Antioksidan berguna untuk membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul yang berpotensi berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Jika jumlahnya berlebihan, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh dan sering kali dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit, seperti diabetes, katarak, penyakit jantung, dan kanker. berikut ini adalah beragam pilihan makanan sehat yang mengandung antioksidan tinggi:

Cokelat Hitam

6 Manfaat Dark Chocolate untuk Kesehatan, Camilan Diet Penyanyi Adele

Beruntung bagi para pecinta cokelat, karena dark chocolate adalah makanan yang sangat bergizi. Berdasarkan analisis FRAP, dark chocolate memiliki antioksidan hingga 15 mmol per 3,5 ons (100 gram). Angka itu bahkan lebih tinggi dari blueberry dan raspberry, yang masing-masing mengandung hingga 9,2 dan 2,3 mmol antioksidan dalam ukuran porsi yang sama.

Kacang Pecan

Beragam Manfaat Kacang Pecan Yang Bisa Anda Peroleh - Alodokter

Pecan adalah sejenis kacang yang berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan. Kacang pecan adalah sumber lemak dan mineral yang sehat, plus mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi. Berdasarkan analisis FRAP, kacang pecan mengandung hingga 10,6 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram). Selain itu, pecan dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah

Blueberry

6 Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan, Dapat Menjaga Kesehatan Tulang -  Ragam Bola.com

Tak hanya rendah kalori, blueberry dikemas juga dengan nutrisi dan antioksidan yang mumpuni. Menurut analisis FRAP, blueberry memiliki hingga 9,2 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram). Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa blueberry mengandung jumlah antioksidan tertinggi di antara semua buah dan sayuran yang biasa dikonsumsi.

Stroberi

Masih Termasuk Anggota Keluarga Mawar, Berikut Hal Unik Tentang Strawberry  - LIDIK.ID

Stroberi adalah buah lain yang terbukti kaya akan vitamin C dan antioksidan. Berdasarkan analisis FRAP, stroberi menyediakan hingga 5,4 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram). Selain itu, stroberi mengandung sejenis antioksidan yang disebut antosianin, yang membuatnya berwarna merah. Stroberi yang memiliki kandungan antosianin lebih tinggi cenderung berwarna merah cerah. Penelitian telah menunjukkan bahwa antosianin dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Kategori:Health, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.