Asal Usul Seblak, Makanan Khas Bandung Si Pedas Yang Beraroma Kencur

Warga Bandung mana yang kini tidak tahu seblak ? Orang Bandung mana sih, yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini? Tentu saja banyak orang yang sudah tau akan nama makanan yang satu ini, tetapi apakah mereka tahu asal-usul atau sejarah dari makanan yang satu ini? Seiring dengan naiknya pamor seblak, tahu kah Anda dari mana asal usul seblak itu? Seblak merupakan penganan khas Bandung yang sebenarnya mirip dengan makanan dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah. Tak sedikit yang menyebut bahwa seblak merupakan penganan asal Jawa Tengah. Hal tersebut dilatarbelakangi karena seblak sangat mirip Krupuk Godog yang sudah populer sejak 1940-an, sementara seblak baru populer sekitar tahun 2000-an.

Menurut seorang penjual makanan seblak di kota Bandung, banyak juga yang menduga kalau makanan seblak adalah makan kerupuk kuning yang setelah itu dimasak dengan rasa yang cukup pedas. Dan ternyata nama dari seblak itu sendiri adalah nama bumbu yang terbuar dari bahan kencur dan cikur. Dengan tekstur kenyal, seblak sangat nikmat disantap kala panas dan pedas. Tak sulit membuat seblak. Hanya perlu mengolah bawang merah, bawang putih, serta kencur dihancurkan menjadi satu. Kemudian ditumis dengan beragam toping, diberi air dan cabai.

Seiring dengan berkembangnya waktu, para penjual seblak pun membuat variasi yang unik dari makanan seblak itu sendiri misalnya ia memakai bahan dasar kerupuk kuning, makaroni, tahu, bakso, hingga mie. Setelah itu di masak dengan beragam jenis toping lalu ditambahkan air dan cabe.

Categories: Food Story

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.