Hati-Hati Covid-19 Varian Delta Mulai Menyerang Indonesia

Pandemi Covid-19 nyatanya belum usai, bahkan kini terdapat varian baru yang didapuk lebih ganas dibandingkan varian covid lainnya mulai menyerang Indonesia. World Health Organization (WHO) bahkan telah mengumumkan bahwa covid-19 varian delta ini telat terdeteksi di 80 negara dan terus bermutasi serta menyebar, bahkan menjadi strain dominan di beberapa negara, seperti Inggris dan Amerika Serikat.

Varian ini diberi nama B.1.617.2 atau varian Delta yang sebelumnya berkembang di India. Menurut para ilmuwan, varian ini jauh lebih ganas dibandingkan varian Alpha yang sempat berkembang pesat di Inggris. Hal ini ditengarai karena penularannya sekitar 60 persen lebih cepat. Tak hanya itu, ciri-ciri dari pasien yang terinfeksi varian Delta ini berbeda dengan pada virus SARS-CoV-2 yang kerap kita ketahui.

Apabila kehilangan kemampuan pada indra penciuman menjadi salah satu gejala dari pasien Covid-19 pada umumnya, maka bagi pasien Covid-19 varian delta terdapat gejala lain. Melansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), gejala lainnya adalah kelelahan, diare, juga nyeri otot. 

Mengutip pernyataan Tim Spector, seorang profesor epidemiologi genetik dari Inggris yang tengah mengembangkan study ZOE Covid Symptom bahwa kehilangan kemampuan pada indra penciuman jarang terjadi pada pasien Covid-19 varian delta. Namun gejala yang sebelumnya terjadi seperti sakit kepala, pilek, demam, dan sakit tenggorokan masih dapat ditemukan.

Di Inggris sendiri, kasus ini banyak dijumpai pada cluster anak muda yang belum melaksanakan vaksin. Karenanya, kamar rawat inap dipenuhi oleh banyak anak muda dengan indikasi covid-19 varian Delta.

Karena pandemi masih belum usai bahkan semakin menyeramkan, Anda dapat tetap menjaga kesehatan dengan menetapkan protokol kesehatan secara ketat, tak terlalu banyak keluar rumah, dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Kategori:Health, Hot News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.