Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Pepaya adalah salah satu jenis buah kaya nutrisi yang banyak memberikan manfaat kesehatan. Melansir Healhline, buah yang aslinya berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan ini mengandung enzim papain, Enzim ini dapat memecah rantai protein keras yang ditemukan dalam otot daging. Sehingga, pepaya jamak digunakan untuk melunakkan daging. Papaya biasanya dikonsumsi sebagai makanan penutup secara teratur baik untuk menangkal berbagai macam penyakit. Hal ini terjadi karena pepaya mengandung vitamin dan nutrisi yang mumpuni. Lalu, apa saja manfaat pepaya yang bisa Anda dapatkan? Di bawah ini adalah beberapa di antaranya :

Penuh Nutrisi

Kandungan Gizi Pepaya dan Khasiatnya Mengatasi Sembelit - Tribunnews.com  Mobile

Jika pepaya matang biasa dikonsumsi sebagai buah segar, pepaya mentah tidak demikian. Pepaya mentah harus selalu dimasak sebelum dimakan. Hal ini karena buah yang belum matang tinggi kandungan lateks dan dapat merangsang kontraksi pada ibu hamil. Satu pepaya kecil mengandung berbagai nutrisi yang penting seperti serat, vitamin C, vitamin A, folat (vitamin B9), kalium, kalsium, magnesium, serta vitamin B1, B3, B5, E serta K.

Bersifat Antikanker

Museum Kanker Pertama Indonesia Ada di Surabaya

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan lycopene dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker, sekaligus baik bagi penderita kanker. Manfaat pepaya ini diperoleh dari cara kerjanya dalam mengurangi radikal bebas yang berkontribusi terhadap kanker. Sementara itu, pada sebuah penelitian ditemukan bahwa manfaat pepaya dapat mengurangi kerusakan oksidatif. 

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Inilah Cara Meningkatkan Kesehatan Jantung Dengan Makanan Ringan - Ipingus

Konsumsi lebih banyak pepaya dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Manfaat pepaya ini telah dibuktikan oleh studi yang menunjukkan bahwa buah-buahan tinggi lycopene dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Melindungi Terhadap Kerusakan Kulit

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tanpa Perlu Banyak Duit | HonestDocs

Selain menjaga tubuh tetap sehat, manfaat pepaya juga dapat membantu kulit Anda terlihat lebih kencang dan awet muda. Aktivitas radikal bebas yang berlebihan mempengaruhi timbulnya banyak kerutan, kendur, dan kerusakan kulit lainnya. Vitamin C dan lycopene dalam pepaya melindungi kulit Anda dan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Menyehatkan Mata

10 Jenis Makanan untuk Menyehatkan Mata yang Bagus dan Aman - Koran

Manfaat pepaya yang tak disadari adalah membantu menyehatkan mata Anda. Pasalnya, buah pepaya selain memiliki vitamin C dan E, juga memiliki sejumlah nutrisi lain, seperti lutein dan zeaksantin yang merupakan antioksidan dan berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.