Perut Mulas Setelah Meminum Susu, Ketahui Penyebabnya

Bagi kamu yang selalu mengalami perut mulas setelah meminum susu itu tandanya kamu mengalami intoleransi laktosa yang artinya tubuh tidak bisa mencerna laktosa yang terkandung dalam susu sapi dengan baik.

kekurangan enzim lactase yang menyebabkan intoleransi laktosa yang berakibat perut terasa mulas hingga mengalami diare, kembung, maupun sering buang gas. Reaksi ini biasanya banyak dialami oleh orangtua, karena produksi enzim lactase sudah berkurang. Laktase adalah enzim yang diproduksi oleh banyak organisme. Itu terletak di perbatasan sikat usus kecil manusia dan mamalia lainnya. Laktase sangat penting untuk pencernaan lengkap susu murni; itu memecah laktosa, gula yang memberikan rasa manis pada susu. 

Perlu kamu ketahui kalau intoleansi laktosa berbeda dengan alergi susu jadi kamu tidak perlu berhenti meminum susu hanya karna itu, sebab laktosa sangatlah penting untuk penyerapan kalsium pada tulang. Kandungan kalsium dalam susu merupakan asupan penting untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Jadi, tak hanya untuk anak-anak saja orang dewasa pun perlu minum susu.

Cara mengatasi Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa ini bersifat sementara (atau selamanya) tergantung dari penyebab utama jadi buat kamu yang mengalami intoleransi laktosa sebenarnya tidak dilarang minum susu. Sebagian besar kasus intoleransi laktosa yang terjadi pada usia dewasa bersifat genetik dan berlangsung seumur hidup. Sedangkan pada anak-anak, intoleransi laktosa dapat terjadi akibat adanya infeksi saluran pencernaan dan hanya berlangsung sekitar beberapa minggu saja. 

Salah satu cara mengatasi intoleransi laktosa adalah menggunakan yoghurt dimana kandungan laktosanya lebih rendah dan untuk mengatasi rasa mual, kamu bisa meminum susu yang tidak terlalu kental. Selain itu, sebaiknya kamu jangan minum susu disaat kondisi perut masih kosong atau belum makan sebelumnya. Lakukan perlahan hingga akhirnya kamu terbiasa minum susu dan tak lagi terasa mulas

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.