Ini Dia Bahaya Minuman Bersoda Untuk Kesehatan

Soda terbuat dari air biasa yang melalui proses karbonasi atau proses pencampuran karbon dioksida dengan tekanan tinggi. Soda juga biasanya mengandung air berkarbonasi dan pemanis buatan. Minuman yang bersoda biasanya mengandung pewarna, pengawet, kafein, sodium, serta zat tambahan lainnya. Banyak penelitian yang mengaitkan pengaruh konsumsi minuman bersoda dengan masalah kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan pada minuman bersoda bisa meningkatkan masalah bagi kesehatan. Ini dia beberpa penjelasan mengenai bahayanya minum minuman bersoda untuk kesehatan diantaranya :

Meningkatkan Resiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter

Bukti kuat menunjukkan bahwa minuman bersoda yang mengandung gula berkontribusi pada perkembangan diabetes. The Nurses’ Health Study mengeksplor hubungan ini dengan meneliti lebih dari 90.000 wanita selama delapan tahun. Para perawat mengatakan bahwa mereka yang dalam sehari mengonsumsi satu atau lebih minuman bersoda yang mengandung gula lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 sebanyak dua kali, dibanding mereka yang jarang minum minuman ini.

Menaikan Resiko Penyakit Jantung

Memahami Lebih Dalam tentang Penyakit Jantung Koroner

Mengonsumsi minuman bersoda dengan kandungan gula yang tinggi akan meningkatkan risiko obesitas yang sangat erat kaitannya dengan penyakit jantung. Hal ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa jika Anda mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan bahkan setiap hari, bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Menurunkan Kualitas Tulang

5 Tips Mudah agar Tulang Sehat dan Tidak Kena Osteoporosis Halaman all -  Kompas.com

Soda mengandung kadar fosfat tinggi, dan tidak memiliki kalsium dan nutrisi sehat lainnya. Mengonsumsi lebih banyak fosfat daripada kalsium dapat merusak kesehatan tulang. Padahal kalsium sangat penting selama masa kanak-kanak dan remaja, saat tulang sedang dibangun

Menyebabkan Rusaknya Gigi

Gigi Berlubang atau Karies Gigi, Lebih Berbahaya Mana?

Minuman bersoda bisa merusak gigi yang Anda miliki karena kandungan gulanya yang sangat tinggi, yaitu glukosa dan fruktosa. Seperti yang kita tahu, kedua kandungan gula tersebut bisa berisiko untuk kesehatan gigi dan membuat gigi menjadi berlubang. Selain gigi berlubang, mengonsumsi soda secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada enamel gigi pada mulut. 

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.