Komposer Terbaik Sepanjang Masa, Sudah Tahu Siapa Mereka?

Selamat hari musik sedunia! Hari musik selalu diperingati pada tanggal 21 juni setiap tahunnya. Musik sendiri sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Tak hanya zaman yang berkembang, nyatanya musik pun turut berkembang. 

Para ahli mengklasifikasikan musik ke dalam enam babak. Yakni musik abad pertengahan (600-1600 M), era Renaissance (1400-1600 M), musik Baroque (1600-1700 M), musik klasik (1700-1810), dilanjut dengan musik romantis (1810-1900), dan pada akhirnya memasuki musik abad ke-20 yang lebih bervariatif.

Pada era musik klasik, mulai terdapat sebutan komposer. Sebutan ini disematkan bagi orang yang mampu menulis komposisi musik baik instrumen maupun vokal dalam berbagai format dari solo hingga orkestra yang melibatkan banyak orang. 

Tak hanya pandai menyelaraskan irama, komposer pun harus pandai membaca not agar memudahkan para pemain instrumen. Kira-kira, siapa sajakah komposer terbaik sepanjang masa?

Wolfgang Amadeus Mozart

Sebuah Catatan Menyebutkan Mozart Mati di Tangan Pembunuh Wanita Paling  Mematikan

Dikenal hingga ini dengan panggilan Mozart, komposer hebat dari Austria ini mendapat titel sebagai komposer musik klasik Eropa terpenting dalam sejarah. Bagaimana tidak, sekitar sebanyak 700 karyanya masih dinikmati hingga saat ini. Salah satunya ialah Opera Don Giovanni.

Ludwig Van Beethoven

Kisah Talenta Tuli Ludwig van Beethoven dalam Alunan Musik Patah Hati

Pernah dengan lagu Fur Elise? Lagu berisikan instrumen yang dimainkan oleh piano solo ini masih digemari hingga saat ini. Mahakarya menakjubkan ini merupakan hasil gubahan Ludwig Van Beethoven, seorang komposer handal asal Jerman. Beethoven pun dikenal sebagai komponis terbesar pada peralihan antara masa klasik juga masa musik romantis.

Johann Sebastian Bach

Biografi Tokoh Dunia: Johann Sebastian Bach Halaman all - Kompas.com

Jerman rupanya termasuk ke dalam negara yang banyak menghasilkan komposer hebat.Tak hanya Beethoven, ada pula Johann Sebastian Bach yang dinobatkan sebagai komposer terbaik dunia versi BBC. Keistimewaan Bach adalah seluruh lagu yang ia buat ditujukan untuk Tuhan. 

Apakah Anda pernah mendengar nama-nama komposer hebat di atas? Ketika Anda senggang, dengarkanlah karya mereka. Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa rutin mendengarkan musik klasik dirasa efektif untuk meningkatkan daya ingat. Tertarik untuk mencoba?

Kategori:Figure, Music, Profil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.