Pernah Merasa Sakit di Bagian Belakang Saat Menstruasi? Inilah Penyebabnya

Bagi kaum hawa, menstruasi yang datang setiap bulannya memberikan sensasi rasa sakitnya tersendiri. Terkadang berbagai kegiatan menjadi terhambat karena tamu yang tak pernah absen setiap bulannya ini senantiasa memberikan rasa sakit yang beragam. Mulai dari merasa mules berlebih, kram yang tak hanya di perut namun di beberapa tempat lain, hingga nyeri tiba-tiba di bagian belakang.

Nyeri tiba-tiba di bagian belakang ini terjadi dengan durasi yang terbilang cepat, namun terasa begitu menyakitkan. Biasa dikenal dengan Proctalgia Fugax. Tak ada penyebab spesifik dari proctalgia fugax ini, bahkan dapat terjadi secara tiba-tiba selama beberapa detik hingga beberapa menit saja. Biasanya tak lebih dari 30 menit.

Rasa sakit yang diakibatkan oleh proctalgia fugax terjadi karena otot yang berada di sekitar anus tiba tiba mengejang atau mengencang. Beberapa penelitian meyakini bahwa rasa sakit lain diakibatkan karena terjadi tekanan pada saraf pudendal yang membentang dari daerah sekitar bagian belakang panggul hingga area genital. 

Pemicu dari proctalgia fugax ini diantaranya adalah sembelit, stress, aktivitas seksual, juga menstruasi. Pada kasus menstruasi, pemicu lain dari rasa nyeri yang dibuat oleh proctalgia fugax adalah kontraksi yang disebabkan karena prostaglandin. Sebuah hormon yang aktif diproduksi tubuh saat menstruasi.

Prostaglandin sendiri berfungsi guna merangsang otot rahim agar melakukan kontraksi agar darah menstruasi dapat keluar dari rahim. Semakin tinggi prostaglandin yang dimiliki tubuh, maka semakin nyeri bagian perut juga turut memicu proctalgia fugax.

Ketika nyeri yang dihasilkan oleh proctalgia fugax begitu dahsyat sehingga menghambat pekerjaan dan terjadi lebih dari 30 menit. Inilah saatnya bagi Anda untuk melakukan konsultasi lebih jauh dengan dokter. Kini Anda telah mengetahui mengapa bagian belakang Anda kerap kali nyeri secara mendadak. Tetap jaga kesehatan dan konsultasi dengan dokter ketika dibutuhkan.

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.