Segudang Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Belakangan ini, para ahli kerap kali menganjurkan masyarakat untuk meluangkan waktu sejenak di pagi hari dan menikmati segudang manfaat dari cahaya matahari. Salah satu manfaatnya adalah menjaga imunitas tubuh. 

Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini kasus covid-19 masih merajalela di sekitar kita. Karenanya, masyarakat harus menjaga imunitas tubuh salah satunya dengan cara berjemur. Rupanya, berjemur memiliki segudang manfaat tak hanya meningkatkan imunitas saja. Berikut adalah manfaat dari berjemur di pagi hari.

Membuat Tulang Semakin Sehat

Tulang Kuat dan Sehat Bisa Kamu Dapatkan dengan Cara Ini | Indozone.id

Berjemur di pagi hari sangat bermanfaat terutama bagi anak-anak. Dapat merangsang vitamin D, membuat matahari pagi sangat baik bagi perkembangan tulang. Selain itu vitamin D yang dihasilkan pun dapat menjaga tulang dari berbagai penyakit seperti rakitis hingga osteoporosis.

Meningkatkan Fungsi Otak

12 Manfaat Vitamin B-Kompleks untuk Kesehatan - Wanita22

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Cambridge menunjukkan bahwa ketika kadar vitamin D semakin berkurang dalam tubuh, maka kemampuan kognitif pun semakin rendah. Hal ini didukung oleh penelitian lain yang menunjukkan bahwa vitamin D turut memproduksi pertumbuhan sel saraf hippocampus yang membantu menyimpan memori dalam otak.

Menurunkan Risiko Depresi

Tips Turunkan Risiko Serangan Jantung pada Penderita Depresi - Info Sehat  Klikdokter.com

Depresi dapat dengan mudah menyerang berbagai kalangan, salah satu cara untuk menurunkan risiko depresi adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi dapat merangsang hormon serotonin dalam tubuh. Hormon ini dapat turut berperan untuk membuat suasana hati lebih senang.

Membuat Kualitas Tidur Semakin Baik

Sinar matahari pagi pun nyatanya dapat meningkatkan hormon melatonin pada tubuh Anda. Hormon ini berperan penting dalam menjaga kualitas tidur Anda setiap harinya. Semakin banyak hormon melatonin yang diproduksi, maka akan semakin baik pula kualitas tidur Anda.

Dengan begitu banyaknya manfaat berjemur di pagi hari, luangkanlah sejenak waktu Anda untuk berjemur di bawah hangatnya mentari pagi. Tak perlu terlalu lama, cukup sekitar 10 hingga 15 menit saja. Jangan lupa gunakan sunscreen agar kulit tak terbakar, ya!

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.