Tips untuk Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Sudah menggunakan serangkaian skincare tapi permasalahan kulit masih terus muncul? Itu mungkin karena skin barrier Anda bermasalah. Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang dapat melindungi kulit dan menjaga kelembapan kulit. Jika skin barrier Anda bermasalah, maka kulit akan menjadi lebih sensitif dan berakibat kepada penggunaan skincare yang tidak berpengaruh kepada kulit. 

Penyebab rusaknya skin barrier terdiri dari beberapa faktor seperti pengaruh cuaca, bertambahnya usia, dan penggunaan skincare yang tidak sesuai. Berikut cara yang dapat dilakukan ketika skin barrier sudah terlanjur rusak, simak informasinya berikut ini!

Cukup gunakan basic skincare

Ini Dia Step Basic Skincare Routine Bagi Pemula - Info Semarang Raya

Apakah Anda menggunakan serangkaian skincare dengan banyak produk sekaligus? Jika iya, kurangi produk yang Anda gunakan dan cukup fokus kepada basic skincare. Banyaknya produk yang digunakan dapat melemahkan lapisan skin barrier. Selain itu kurangi juga produk yang mengandung alkohol, witch hazel, salicylic acid, dan SLS karena dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif. 

Perhatikan pH kulit

5 Fakta Menarik tentang pH Kulit yang Perlu Diketahui oleh Para Beauty  Enthusiast - SOCO by Sociolla

Normalnya kulit berada di pH sekitar 5.7 namun umumnya produk untuk kulit memiliki pH sekitar 3.7 hingga 8.2. Perlu untuk menggunakan skincare yang sesuai karena dapat mempengaruhi pH kulit. Para peneliti menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang memiliki pH mendekati pH alami pada kulit. 

Meski terkesan ribet dapat memilih produk dengan pH yang sesuai, namun menjaga pH kulit yang sesuai akan melindungi kulit dari berbagai masalah kulit. Jadi, usahakan untuk mencari produk dengan pH sekitar 4.5-6.0, ya!

Jangan terlalu sering eksfoliasi

Agar Kulit Wajah Sehat, Kapan Waktu Terbaik Lakukan Eksfoliasi? Halaman all  - Kompas.com

Eksfoliasi dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati, setelah melakukan eksfoliasi kulit menjadi lebih lembut dan cerah. Namun hati-hati, melakukan eksfoliasi secara berlebihan akan membuat kulit semakin tipis dan menjadi sensitif. Jika skin barrier sedang rusak, hindari dahulu penggunaan eksfoliasi. 

Gunakan produk yang mengandung oil

7 Manfaat Skincare Sunflower Seed Oil untuk Remaja | Popmama.com

Salah satu komponen skin barrier adalah lapisan minyak, lapisan ini berguna sebagai penghalang agar kulit tetap lembab. Terdapat penelitian yang menunjukan jika minyak nabati tertentu dapat membantu memperbaiki skin barrier dan mencegah kulit kehilangan kelembapan. 

Beberapa kandungan minyak tertentu juga memiliki efek antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Beberapa minyak nabati tersebut antara lain jojoba oil, coconut oil, almond oil, argan oil, sunflower oil, dan minyak nabati lainnya. 

Kategori:Beauty

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.