Waspada! Ini Makanan yang Dapat Menurunkan Imunitas

Untuk menghadapi pandemi Covid-19, perlu untuk menjaga imun agar tetap sehat, apalagi belakangan kasus positif Covid-19 sedang meningkat di Indonesia. Jangan asal makan, ternyata beberapa makanan justru dapat menurunkan imunitas dan membuat tubuh mudah terserang penyakit. Berikut deretan makanan yang perlu Anda hindari!

Minuman berkafein

Minum kopi untuk mengawali hari atau es kopi di siang hari memang menyegarkan. Namun jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebihan karena tubuh akan menjadi rentan terinfeksi virus. Kandungan kafein dapat meningkatkan hormon stress kortisol yang dapat melemahkan sistem imun. 

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memang praktis dan mudah dijumpai, seperti sosis, nugget, kentang goreng, dan lainnya. Namun banyaknya kandungan MSG pada makanan cepat saji dapat menimbulkan masalah pada sistem imun. Sebaiknya dihindari terutama makanan yang memiliki kandungan MSG tinggi, Anda dapat menggantinya dengan sayuran yang bernutrisi.

Minuman bersoda

Adanya kandungan gula yang tinggi pada minuman soda dapat berpengaruh buruk pada sistem imun. Ini terjadi karena gula yang terkandung dapat merebut tempat bagi vitamin C dan nutrisi di dalam tubuh yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Akibatnya imunitas menurun dan lebih rentan akan terinfeksi virus maupun bakteri.

Permen manis

Sejarah Pembuatan Permen, Dulunya Sempat Digunakan Sebagai Obat |  Indozone.id

Selain banyaknya gula pada permen yang berisiko memicu diabetes, konsumsi gula berlebih juga dapat menyebabkan peradangan dan efek panjang lainnya. Salah satunya dapat melemahkan sel darah putih yang bertugas untuk mempertahankan antibodi dan melawan infeksi. Dengan begitu imunitas tubuh akan menurun, lebih baik kurangi konsumsi permen gula yang manis ataupun jelly. 

Gorengan

Gorengan dibuat dengan teknik deep fried sehingga gorengan mengandung banyak kandungan minyak dan lemak, ini memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi. Jika dikonsumsi dengan sering, dampak jangka panjangnya berupa resiko penyakit jantung dan kanker, hingga dapat meningkatkan inflamasi atau peradangan di tubuh. Akhirnya, sistem kekebalan tubuh akan menurun. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.