Cara Agar Konsisten Dalam Menulis

Terkadang menulis menjadi kegiatan yang membosankan apalagi jika sudah mentok ide dan bingung apa yang ingin dituliskan, apalagi jika anda mempunyai keinginan sebagai seorang penulis, tentu selain mempunyai skill dalam menulis, tak kalah penting konsistensi pun menjadi tantangan untuk anda dalam menjalankannya hobi anda untuk menulis. Memang membuat karya dalam menulis butuh waktu yang sangat panjang, seorang penulis pun butuh beberapa tahun dalam menyelesaikan karyanya berupa buku novel. Apapun karyanya yang terpenting anda bisa konsisten dalam menulis. Satu hal lagi apa karya yang ingin anda buat.

Cari Topik Yang Buat Penasaran

7 Zodiak Ini Lihai Menghasilkan Banyak Uang, Patut Ditiru - Citizen6  Liputan6.com

Selain mencari topik yang anda suka, cari juga topik yang membuat rasa penasaran anda, dengan begitu nantinya anda akan mendalami topik tersebut dan menemukan berbagai perspektif baru. Adapun teknik yang bisa anda gunakan dalam penulisan adalah dengan menggunakan What IF, salah satunya fungsinya adalah mengaitkan satu keadaan dengan keadaan lainnya, ataupun mengambil dari sudut padang yang berbeda. Nantinya anda akan menemukan intisari dari topik yang anda angkat.

Menulis Di Tempat Yang Nyaman

Biar Pintar, Tinggalkan Alat Pintar & Gunakan Pulpen Saat Menulis - Tirto.ID

Carilah tempat yang nyaman pada saat anda menulis, dengan mencari tempat yang nyaman anda bisa lebih berkonsentrasi dan fokus dalam menyelesaikan tulisan anda. tak kalah penting anda pun harus bisa membuat diri anda senyaman mungkin. Adapun tempat yang direkomendasikan dalam menulis bisa di ruangan pribadi anda, atau di tempat Café Kopi, tempat yang mempunyai pemandangan indah juga terbuka, yang pasti cari tempat yang sesuai dengan kenyamanan anda.

Tentukan Target

40 Kata-kata Mutiara tentang Menulis, Inspiratif dan Memotivasi - Ragam  Bola.com

Tentukan target ketika anda menulis, misal dalam satu hari harus menyelesaikan berapa halaman, atau satu jangka satu minggu ataupun bulan, sebenarnya untuk waktu sendiri seorang penulis mempunyai waktu yang fleksibel bahkan jika anda bekerja pun masih ada waktu luang untuk menulis dan menyelesaikan tulisannya, cara yang idealnya jika anda belum terbiasa menulis, mulai dari kata/kalimat yang pendek lalu tulis di media sosial. Hal tersebut nantinya akan bisa dikembangkan dan menjadi ide tulisan.

Kategori:Uncategorized, Work

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.