Cara Mudah Mengatasi Jerawat Untuk Remaja

Penyebab munculnya jerawat yaitu pori-pori yang tersumbat akibat kombinasi sel kulit mati, minyak (sebum), dan bakteri. Masalah kulit bisa terjadi pada usia berapa pun remaja dan dewasa, namun ketika dewasa kulit wajah bisa lebih stabil menerima krim perawatan. Jerawat pada wajah tak hanya memberikan rasa nyeri dan sakit namun jerawat yang membandel dapat mengganggu penampilan pada wajah anda. Semua orang tentu menginginkan wajah yang mulus dan berseri sehingga akan melakukan perawatan apapun. Beberapa cara untuk mengatasi jerawat pada remaja:

Rutin Cuci Muka

Ini Manfaat Rutin Mencuci Muka di Malam Hari | YesDok

Salah satu penyebab munculnya jerawat yaitu bertambahnya produksi minyak karena perubahan hormon. Minyak yang ada di wajah akan menyumbat pori-pori maka anda harus menyempatkan waktu untuk mencuci muka dengan benar dua kali sehari, di pagi hari dan malam sebelum anda tidur. Pilihlah sabun pembersih yang lembut dan hindari sabun batangan yang bisa membuat kulit wajah kering.

Gunakan Pelembab

5 Waktu Tepat Menggunakan Pelembab

Banyak orang yang tak suka menggunakan pelembab karena akan membuat wajah terlihat semakin berminyak. Tetapi penggunaan pelembab juga dapat membantu menjaga kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jika kulit wajah anda kering maka penggunaan pelembab sangat diperlukan karena kulit yang kering akan membuat jerawat semakin parah.

Gunakan Produk yang Nonkomedogenik dan Hipoalergenik

Kiat Memilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak Halaman all - Kompas.com

Jika anda menggunakan produk perawatan kulit pilihlah produk yang nonkomedogenik karena produk tersebut tak akan menyumbat pori-pori dan dapat membantu cegah iritasi pada kulit. Produk yang nonkomedogenik sudah di uji coba untuk kulit yang rawan menderita jerawat dan tak akan memperparah jerawat, sedangkan produk yang hipoalergenik sudah di uji coba uuntuk kulit sensitid dan tak menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

Bersihkan Makeup Sebelum Tidur

Sering Diabaikan, Ini 5 Bahaya Tidak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur -  Hot Liputan6.com

Penggunaan makeup pada remaja tentu sudah tak asing lagi maka anda harus menghapus makeup sebelum tidur karena makeup dapat membuat pori-pori wajah tersumbat. Masalah jerawat bisa muncul karena kebersihan wajah tak terjaga dengan baik. Manfaat membersihkan wajah sebelum tidur akan mencegah bakteri berkembang di wajah anda.

Lindungi Kulit Wajah Dari Paparan Sinar Matahari

Gunakan 11 Cara Melindungi Wajah dari Sinar Matahari - Ibu-Indonesia.com

Penggunaan krim tabir surya khusus wajah yang mengandung SPF 30 akan membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang mengandung ultraviolet A (UV A) dan ultraviolet B (UV B) yang berbahaya untuk kulit. Pilihlah tabir surya broadspectrum artinya memiliki kandungan SPF dan PA (Protection Grade of UV A). PA memberikan perlindungan kulit terhadap radiasi UV A. Semakin banyak tanda plus (+) pada PA menunjukkan semakin tinggi pula perlindungannya.

Categories: Beauty, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.