Memasak dengan Air Fryer, Sehatkah?

Air fryer digadang-gadang menjadi alat masak yang lebih sehat ketimbang menggoreng dengan banyak minyak. Konsepnya, air fryer dapat “menggoreng” atau memasak makanan dengan suhu 200 derajat tanpa menggunakan minyak, atau hanya sedikit minyak. Memiliki klaim lebih sehat, air fryer sempat menjadi tren hidup sehat.

Namun, apakah benar air fryer lebih sehat? Berikut penjelasannya!

Dapat mengurangi asupan lemak

Diet Sehat Menggunakan Air Fryer, Bebas Minyak !

Air fryer terkenal dapat menggoreng tanpa minyak, sementara menggoreng dengan minyak yang banyak dapat menyumbang banyak kalori dan memiliki kadar lemak yang tinggi. Karena air fryer dapat menggoreng tanpa minyak atau sedikit minyak, ini berarti menjadi lebih rendah kalori dan lemak. Bahkan, klaimnya dapat memotong kadar lemak sebanyak 75 persen.

Mengurangi pembentukan zat berbahaya pada makanan

Mengenal Air Fryer dan Bagaimana Cara Kerjanya | Indozone.id

Saat menggoreng makanan yang tinggi karbohidrat seperti kentang akan membentuk zat akrilamida yang dapat memicu munculnya kanker. Terdapat sebuah penelitian yang menyatakan jika memasak menggunakan air fryer dapat menurunkan kadar akrilamida hingga 90 persen. 

Membuat makanan menjadi renyah

Buffalo Chicken Wings | Maggi

Secara lidah, memasak menggunakan air fryer dapat membuat makanan menjadi lebih renyah dan tidak berminyak. Ini menjadi kelebihan dari air fryer, yaitu dapat memberikan tekstur renyah dan kripsi pada makanan yang digoreng. Hasilnya, makanan jadi renyah di luar dan lembut di dalam.

Mengurangi resiko penyakit tertentu

7 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Tak Dikenali

Penderita kolesterol harus menghindari makanan yang berminyak dan berlemak, maka masak menggunakan air fryer dapat menjadi pilihan. Dengan mengolah makanan melalui air fryer yang tidak menggunakan teknik menggoreng deep fry akan mengurangi resiko penyakit dari mengkonsumsi gorengan. Seperti penderita kolesterol, peradangan, dan penyakit jantung, 

Perlu diingat jika menggunakan air fryer tidak sepenuhnya sehat. Masih ada resiko bagi kesehatan lainnya seperti adanya senyawa berbahaya yang muncul saat memasak makanan dengan suhu yang tinggi. 

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.