Rempah-Rempah Inilah Yang Sebaiknya Ada di Dapur

Rempah adalah berbagai hasil tanaman yang terbagi berdasarkan karakter dan manfaatnya. Beberapa jenis yang memendarkan aroma disebut rempah aromatik. Rempah juga berguna untuk obat-obatan disebut dengan rempah ratus. Kedua hal ini jadi alasan mengapa baiknya memiliki stok rempah-rempah di dapur. Sebagai bagian dari tanaman aromatik, rempah mampu memberikan aroma khas pada masakan. Penggunaan rempah pada masakan identik dengan masakan yang berat, padahal rempah juga dapat digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan-masakan rumahan yang sederhana.  Rempah-rempah adalah sumber antioksidan, ungkap Diane Vizthum, M.S., R.D., ahli dalam penelitian tentang nutrisi di Fakultas Kedokteran Universitas John Hopkins. Lalu apa saja rempah-rempah yang sebaiknya yang ada di dapur?

Pala

Negara Tujuan Ekspor Pala Indonesia - Jasa Export Terpercaya

Rasa hangat dan pedas berpendar dimulut ketika mencampurkan pala dalam sebuah masakan. Disamping menyempurnakan rasa hidangan, pala merupakan rempah yang mengandung zat tinggi anti-inflamasi. Manfaatnya untuk kesehatan tak hanya mampu mengontrol gula darah dan menyehatkan jantung. 

Lada

Mampu Atasi Radang Sendi hingga Mengurangi Sakit Gigi, Ini 6 Manfaat Lada  Putih bagi Kesehatan - Tribun Kaltim

Lada sering disebut sebagai King of Spice karena paling populer dibanding lainnya. Sering juga dikenal dengan merica yang selalu ada di setiap meja restoran untuk mempersedap hidangan. Lada, dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Kansas, Amerika Serikat menemukan bahwa kandungannya mampu mengusir zat kimia heterocyclic amines (HCAs) penyebab kanker.

Kayu Manis

4 Manfaat Kayu Manis untuk Kulit Wajah

Kayumanis memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antidiabetes dan antimikroba. Kayu yang beraroma dan samar terasa manis ketika diseduh dapat melindungi dari kanker dan kardiovaskular.  Di dunia, ada berbagai macam kayumanis, seperti kayumanis Ceylon yang lembut dan kayumanis Saigon yang khas.

Jahe

8 Manfaat Konsumsi Jahe untuk Kesehatan Anda

Jahe merupakan tumbuhan rimpang berbunga yang berasal dari Asia Tenggara. Tumbuhan ini masih masuk dalam keluarga rempah-rempah dari famili Zingirberancaea seperti kunyit, lengkuas, dan kapulaga. Ada banyak sekali manfaat jahe untuk kesehatan. Tumbuhan tropis yang telah digunakan selama ribuan tahun, jahe, bermanfaat untuk mengobati sakit perut, diare, dan mual.

Kategori:Health, Kitchen Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.