Sering Lupa Minum Air Sesuai Kebutuhan Tubuh? Ikuti Tips Berikut!

Para Ahli menyarankan untuk minum air putih sebanyak delapan gelas atau sekitar dua liter per harinya. Dengan ukuran ini, dirasa sudah cukup agar tubuh tetap terhidrasi dan tak kekurangan cairan. Selain itu, minum air putih dengan takaran yang sudah dianjurkan pun dapat membantu untuk turut melindungi kesehatan organ tubuh.

Namun, kerap kali kita lupa untuk minum dengan takaran sebanyak itu. Bahkan kadang merasa malas karena belum terbiasa. Karenanya, Anda harus mulai membuat jadwal kapan sajakah waktu yang tepat untuk minum air. Berikut adalah waktu yang palin tepat.

Minum Satu Gelas Setelah Bangun Tidur

Kurang Minum Bisa Bikin Stroke atau Serangan Jantung? Ini Kata Ahli

Ketika tidur dalam jangka waktu yang cukup lama, tubuh Anda jelas akan kekurangan cairan. Sehingga minum segelas air putih tepat setelah bangun tidur merupakan sebuah kegiatan yang baik. Tak hanya itu, minum air putih selepas bangun tidur akan membantu proses metabolisme tubuh.

Selalu Minum Setiap Sebelum Makan

Minum Air Putih Sebelum Makan

Waktu yang tepat untuk minum air putih selanjutnya adalah sekitar 30 menit sebelum makan. Jangan diminum tepat sebelum makan karena hal ini dapat membuat perut Anda kembung. Selain itu proses pencernaan pun akan terganggu karena enzim-enzim yang berfungsi untuk mencerna makanan dapat bekerja lebih berat dan kesulitan.

Ketika Mulai Merasa Lelah

6 Cara Mudah Mengatasi Rasa Lelah - Alodokter

Karena sekitar 60% bagian dari tubuh adalah cairan, ketika Anda merasa mulai lelah maka tandanya Anda membutuhkan cairan. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk Anda minum air putih. Karena ketika tubuh Anda kehilangan cairan, maka kinerja beberapa organ tubuh pun jelas akan ikut terganggu.

Sebelum Tidur

Minum Air Putih Sebelum Tidur Bisa Turunkan Berat Badan - Gen...

Jangan lupa untuk minum air putih juga sebelum Anda tidur. Hal ini akan membantu Anda tidur lebih nyenyak dan lebih rileks. Tentunya, ini merupakan saat yang tepat karena dapat mengganti cairan tubuh yang hilang setelah melakukan berbagai aktivitas seharian.

Sekarang Anda sudah tahu kapan saja waktu yang tepat untuk Anda memenuhi cairan tubuh dengan minum air putih. Jadi, jangan sampai Anda kekurangan cairan karena tak minum air putih sesuai dengan anjuran para ahli, ya!

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.