Butterfly Pea, Teh Biru yang Punya Banyak Khasiat

Butterfly pea atau di Indonesia lebih dikenal dengan bunga telang sudah terkenal sebagai teh biru yang memiliki banyak khasiat. Bunga telang termasuk edible, sering digunakan sebagai garnish makanan, pewarna alami, dan  yang paling umum dijadikan sebagai teh. 

Sejak ratusan tahun lalu, butterfly pea sudah dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan dalam pengobatan Ayurveda atau ilmu kesehatan dari India. Menurut sejarah, pengobatan tradisional  di Asia Tenggara dan Cina telah menggunakan bunga telang dan tanaman ini membantu mengatasi stress hingga insomnia. 

Tak hanya cantik, teh biru ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, berikut penjelasannya!

Kaya akan antioksidan

Ini Dia Cara Tepat Melindungi Kulit dari Paparan Radikal Bebas Menurut  Dokter Kecantikan - Semua Halaman - Stylo

Warna biru yang dihasilkan bunga telang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan ini dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas, membantu memperlambat penuaan dini, dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu, antioksidan ini juga dapat menurunkan resiko kerusakan sel. 

Adanya kandungan antioksidan bernama proanthocyanidin dapat meningkatkan aliran darah ke mata yang berdampak pada kesehatan mata. Ini bermanfaat untuk membuat mata lebih segar, segat, dan dapat mencegah dari kerusakan retina. 

Meningkatkan imun tubuh

Lima Cara Mudah Agar Tubuh Lebih Sehat Selain dengan Olahraga - Semua  Halaman - National Geographic

Mengonsumsi butterfly pea secara rutin telah terbukti secara klinis mampu melawan bakteri. Sangat cocok untuk diminum saat musim hujan atau musim pancaroba. Anda dapat mengkonsumsi butterfly pea secara rutin untuk meningkatkan sistem imun agar dapat melawan bakteri jahat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

Memperkuat daya ingat

12 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi - Jovee.id

Beberapa penelitian telah menemukan fakta bahwa butterfly pea dapat meningkatkan daya ingat. Ini terjadi karena bunga telang dapat membantu fungsi daya ingat dan otak dengan memperkuat sinyal ke otak. Ini karena adanya senyawa aktif utama bernama asetilkolin yang mampu meningkatkan memori. 

Mencegah insomnia

Butterfly pea termasuk ke dalam golongan teh herbal dan tidak mengandung kafein. Ini berkhasiat untuk merangsang dopamin yang bisa mengurangi stres dan membuat tidur lebih nyenyak. Bagi Anda penderita insomnia atau memiliki masalah kesulitan tidur dapat rutin minum teh butterfly pea hangat sebelum tidur. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.