Hati-Hati Semakin Canggih Teknologi, Semakin Lebar Celah Kejahatan

Di era derasnya perkembangan teknologi yang banyak memberikan kemudahan dalam segala hal. Sayangnya, semakin canggih teknologi, membuat potensi tingkat kejahatan juga semakin merajalela. Pada saat ini, zamannya semua serba canggih teknologi. Kemudahan-kemudahan yang ditemui tidak menutup kemungkinan menjadi celah munculnya tindak kejahatan.

Terutama di bidang digital, memang Internet telah mengubah gaya hidup sebagian kalangan, mulai dari cara menyelesaikan pekerjaan, berkomunikasi, melakukan aktivitas sosial, berbelanja, hingga mencari hiburan. Semua sendi kehidupan berubah berkat keberadaan internet, dengan segala kelebihannya yang membuat hidup terasa lebih mudah, internet memiliki sisi gelap yang mengintai penggunanya.

Berselancar di dunia maya dengan nyaman dan aman dengan menjalankan langkah-langkah keamanan yang sangat mudah dilakukan, dan menciptakan hambatan untuk penjahat siber, berikut sejumlah langkah pengamanan agar dapat berinternet dengan nyaman dan aman.

Lindungi perangkat Anda

Tips Melindungi Perangkat Komputer dari Pencurian Perangkat Keras

Hal paling mudah dan mendasar yang dapat dilakukan pengguna perangkat untuk menjaga keamanan adalah dengan menggunakan tiga teknologi murah, aplikasi anti-virus, aplikasi anti-spyware dan firewall. Saat ini ada 1 hal lagi yang mutlak diperlukan yaitu anti-ransomware.

Hindari menggunakan software bajakan. Selain ilegal, perangkat lunak semacam ini tidak akan sanggup memberikan perlindungan yang tepat.

Update Sistem Operasi, Aplikasi dan Antivirus

11 Antivirus Terbaik 2021, Jaminan Aman untuk PC dan Laptop

Penyerangan melalui internet banyak sekali yang memanfaatkan ‘celah’ pada sistim perangkat Anda. Untuk itu, update secara berkala merupakan poin paling penting dan sangat vital bagi pengguna internet. Beberapa pengembang aplikasi telah menyediakan fitur update berkala secara otomatis untuk menambah kemampuan.

Membuat Salinan atau Backup

Panduan Lengkap Backup Data di PC Kamu | WinPoin

Backup harus dilakukan secara rutin. Pastikan data salinan disimpan di tempat yang aman. Simpan backup pada eksternal drive dengan kapasitas yang memadai, pastikan tidak terhubung sama sekali dengan komputer lain atau jaringan, karena jika komputer backup terinfeksi dengan jenis ransomware, file backup bisa jadi terenkripsi juga, bahkan jika mereka disimpan di cloud sekalipun.

Agar semakin aman, gunakan teknologi enkripsi (secure data) pada eksternal drive atau folder yang digunakan.

Lindungi Identitas

Cegah Pencurian Identitas, Ketahui Jenis Data Pribadi…

Jangan membagi informasi sensitif dan data pribadi Anda di internet. Baik itu nomor kartu tanda penduduk (termasuk foto KTP), tanggal lahir, foto-foto pribadi, kegiatan anak dan lain-lain.

Periksa Status Rekening Bank

Hacker Gentayangan Incar Lembaga Keuangan Digital : Okezone Economy

Periksalah saldo rekening Anda secara rutin, tujuannya untuk mendeteksi penyimpangan atau transaksi yang tidak diketahui.

Selalu Waspada

RUU Perlindungan Data Pribadi, Butuh Pengawas Independen? - Teknologi  Bisnis.com

Memahami bagaimana cara kerja hoax/phising adalah cara terbaik untuk menghindari jatuh menjadi korban. Dan berbagi pengetahuan yang kita miliki tersebut akan membantu banyak orang untuk terhindar dari masalah yang sama.

Dengan menghentikan menyebarkannya berarti membantu orang lain mendapat kemungkinan terburuk, sama artinya menjaga properti Anda sendiri dan informasi yang tersimpan di komputer Anda.

Source : Google Tech

Kategori:Gadget, Technology

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.