Kenali Tanda-Tanda Saat Make Up Anda Sudah Kadaluarsa

Ladies, terkadang mengoleksi make up memberikan kepuasan tersendiri bukan? Memiliki beragam jenis produk kosmetik yang tentunya dengan tekstur hingga warna yang berbeda membuat Anda dapat dengan bebas memilih ingin memakai yang mana saja. Sayangnya, terkadang ketika sudah memiliki salah satu produk yang disukai, produk lainnya menjadi jarang terpakai.

Tak ayal hal ini membuat produk-produk tersebut memasuki masa kadaluarsanya tanpa Anda sadari. Lebih parahnya, ketika Anda lupa kapan membeli produk tersebut, dan tanggal kadaluarsanya telah memudar bahkan hilang. 

Sehingga Anda menjadi tak tahu apakah produk tersebut telah memasuki masa kadaluarsa atau belum. Yuk kenali ciri-ciri ketika produk make up Anda telah memasuki masa kadaluarsa!

Tekstur Berubah

Jangan Nekat! Ini Bahaya Memakai Makeup Kedaluwarsa

Biasanya perubahan tekstur ini dapat Anda jumpai pada foundation yang telah memasuki fase kadaluarsa. Jika biasanya foundation memiliki tekstur creamy, ketika sudah kadaluarsa maka teksturnya akan menjadi lebih berminyak, berair, bahkan menggumpal. Apabila foundation Anda sudah seperti ini, jangan dipakai lagi, ya!

Perubahan pada Warna

Tinggalkan Produk Makeupmu Jika Sudah Menunjukkan Tanda-Tanda Ini! -  Facetofeet.com

Warna yang berubah pun menunjukkan bahwa produk make up Anda sudah tidak baik-baik saja! Biasanya hal ini dapat dijumpai dalam lip product Anda. Jika Anda menemukan bahwa shade lip product Anda sudah tak sama lagi seperti saat pertama membeli, dan diikuti oleh perubahan tekstur maka lip product Anda sudah kadaluarsa.

Lengket saat Diaplikasikan

Beauty, Jangan Sering Pakai Make Up Kadaluarsa Ya, Ini 4 Bahayanya -  HerStory

Make up product yang biasa menjadi sangat lengket setelah memasuki masa kadaluarsa adalah maskara! Kosmetik wajah ini saat dikeluarkan akan terasa sangat menggumpal, hal ini diikuti rasa lengket ketika diaplikasikan pada bulu mata. Ketika sudah seperti ini, maskara Anda berarti sudah tak layak guna. Jangan dicairkan dengan air, ya! Karena hal ini membuat maskara mudah diserang jamur.

Aroma yang Tidak Sedap

Penting Diperhatikan, 3 Cara Mengetahui Kapan Make Up Kadaluarsa |  MalangTIMES

Kosmetik memiliki aroma khasnya tersendiri. Aromanya tak terlalu menyengat dan tak mengganggu saat dipakai. Jadi ketika kosmetik Anda aromanya telah berubah dan cenderung menguar bau-bau bahan kimia, sudah sebaiknya tidak Anda gunakan lagi.

Produk make up yang telah kadaluarsa apabila digunakan terus menerus akan membuat wajah menjadi iritasi dan mendatangkan berbagai keluhan lain. Karenanya, Anda disarankan untuk rajin mengecek tanggal kadaluarsa pada produk make up Anda. 

Lalu, apa yang harus dilakukan selain membuangnya? Terkadang kita merasa terlalu sayang apabila harus membuangnya tapi tak berani untuk memakainya. Karenanya, Anda dapat mendonasikan make up anda kepada make up artist jenazah, hal ini jelaslah akan sangat berguna. Jangan lupa berikan yang masih layak pakai, ya!

Categories: Beauty, Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.