Terkenal untuk Diet, Ini Efek Samping Mengkonsumsi Teh Daun Jati

Jati cina atau nama ilmiahnya Senna Alexandrina sudah umum digunakan sebagai teh herbal yang dapat menurunkan berat badan. Teh daun jati sudah melekat dengan orang yang ingin melakukan diet, ini karena serat yang terkandung dalam ekstrak daun jati. Tapi sayangnya belum ada uji klinis yang menyatakan manfaat teh daun jati untuk diet, berikut efek samping saat mengkonsumsi teh daun jati.

Gangguan pencernaan

Gangguan Pencernaan - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati | Halodoc.com

Teh daun jati terkenal dapat detoksifikasi melalui buang air besar, namun hati-hati jika mengkonsumsi teh daun jati secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ini terjadi karena adanya zat yang terkandung dapat mengendap pada saluran pernafasan sehingga terjadi penyumbatan. Penyumbatan inilah yang membuat siklus penggilingan makanan menjadi lebih cepat sehingga berpotensi melukai dinding usus. 

Apalagi bagi yang tidak cocok mengkonsumsi teh daun jati, dampaknya akan mengalami diare dalam jangka panjang. Meski teh daun jati dapat mengatasi sembelit, tapi reaksi negatif sangat mungkin untuk terjadi. 

Mempengaruhi siklus haid

Sindrom Pra-menstruasi - Spesialis Klikdokter.com

Teh daun jati tidak direkomendasikan dikonsumsi bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan wanita yang sedang menstruasi bahkan dapat mengganggu siklus haid. Ini terjadi karena dengan mengonsumsi teh daun jati tubuh akan terus mengeluarkan cairan bahkan cairan yang dibutuhkan tubuh, ini berdampak pada hormon reproduksi sehingga dapat membuat siklus haid tidak teratur. 

Dehidrasi

Jangan Remehkan Dehidrasi Berat, Ini Risikonya | TIMES Indonesia

Mengonsumsi teh daun jati secara rutin dengan dosis 2 gelas lebih perhari dapat membuat dehidrasi. Karena daun jati dapat menyerap cairan dengan cepat, tubuh jadi memaksakan diri untuk mengeluarkan sesuatu dan yang dikeluarkan adalah air. Itu sebabnya tubuh menjadi mudah dehidrasi karena kehilangan ion penting dalam tubuh. 

Kerusakan ginjal

Wajib Tahu, Ini Tanda-tanda Ginjal Bermasalah, Mulai dari Sulit Tidur  hingga Kulit Gatal - Tribun Manado

Selain membuat dehidrasi, mengonsumsi teh daun jati pagi dan sore dengan rutin berpotensi untuk kerusakan fungsi ginjal. Ginjal akan kesulitan dalam mengendalikan cairan dalam tubuh. Maka disarankan untuk mengkonsumsinya sesekali saja agar kesehatan ginjal tetap terjaga. 

Categories: Health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.