Melatih Fokus dengan Metode Mindfulness

Mindfulness merupakan salah satu cara meditasi dengan cara memusatkan perhatian kepada perasaan dan kondisi saat itu. Metode ini dapat menenangkan pikiran dan membuat hidup lebih damai. Jika Anda sering mengalami stress dan merasa cemas, atau sulit untuk fokus kepada sesuatu metode mindfulness ini dapat dicoba.

Cara melakukan meditasi mindfulness

Meditasi Mindfulness untuk Kesehatan Mental, Berikut Cara Melakukannya

Ini dapat dilakukan oleh siapapun tanpa syarat tertentu, bahkan dapat dilakukan kapanpun dan di mana saja. Dasarnya meditasi mindfulness tidak berbeda jauh dengan meditasi pada umumnya, Anda dapat memulainya dengan mencari posisi duduk yang nyaman dan mengatur nafas. Setelah itu fokuskan diri Anda dengan keadaan sekitar.

Anda dapat mulai memfokuskan diri dengan emosi yang sedang dirasakan, kenali bagaimana emosi itu muncul dan terima hal yang menyebabkan Anda merasakan emosi tersebut. Lakukan selama 3-5 menit lalu fokuskan kembali pikiran Anda. dengan melakukan mindfulness dapat memberikan Anda ketenangan dan utamanya dapat berpikir dengan jernih.

Manfaat mindfulness

Ini 7 Cara Kekinian Mengatasi Stres dengan Metode 'Mindfulness'

Meditasi mindfulness dapat digunakan untuk melatih fokus terhadap lingkungan sekitar dan pikiran. Jika Anda sering melakukan sesuatu dengan terburu-buru, Anda dapat lebih santai dan fokus saat sudah rutin melakukan mindfulness. Caranya dengan memfokuskan diri untuk menikmati keadaan sekitar dengan kelima indra, dengan begitu Anda lebih menikmati kegiatan dan tidak terburu-buru lagi. 

Selain menjadi fokus akan keadaan sekitar, meditasi mindfulness juga dapat membantu Anda untuk mengelola pikiran dan perasaan menjadi lebih positif. Setelah pikiran dan perasaan terkontrol, maka dapat mengurangi stress dan kecemasan. Ini juga dapat meningkatkan suasana hati dan memori kerja, sehingga dapat mengambil keputusan dengan bijak. 

Intinya, mindfulness lebih mendorong Anda untuk lebih fokus kepada stress yang dirasakan melalui kelima indra dan membuka pikiran yang positif. Jika dilakukan dengan benar dan rutin, mindfulness dapat mencegah gejala gangguan mental. Ini sangat bagus dilakukan untuk mengatasi rasa cemas dan stress. 

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.