Minuman Kolagen dapat Mempercantik Kulit, Benarkah?

Sebanyak 75% kulit manusia terdiri dari protein yang bernama kolagen. Adanya kolagen dapat membuat kulit lebih kencang dan kenyal. Karena semakin berumur, kolagen dalam kulit akan berkurang maka muncul suplemen minuman kolagen yang memiliki klaim untuk merawat dan mengencangkan kulit. Tapi, apakah efektif?

Suplemen minuman kolagen yang dijual di pasaran biasanya terbuat dari tulang rawan ikan yang diberi tambahan vitamin dan mineral. Sebenarnya, klaim yang diberikan oleh minuman kolagen tidak se-bombastis itu. Beberapa penelitian sudah menyatakan bahwa suplemen minuman kolagen dapat memperbaiki kondisi kulit, namun penelitian ini baru diuji kepada hewan.

Jadi belum diketahui secara pasti dan belum teruji secara klinis jika minuman kolagen dapat memiliki efek yang luar biasa bagi yang mengkonsumsinya. Pakar kulit menyebutkan jika kolagen yang diperoleh dari minuman atau makanan, kemungkinannya kecil untuk mencapai hingga ke kulit. 

Minuman yang awalnya populer di Jepang ini masih menjadi perdebatan mengenai manfaatnya. Meski manfaatnya bagi kulit masih bias, tapi minuman kolagen dapat berguna untuk membentuk otot dan mempercepat proses penyembuhan luka. 

Sebenarnya, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi suplemen minuman kolagen. Namun perlu diingat jika harganya di pasaran tidaklah murah dan belum terbukti dapat menjaga dan mempercantik kulit. 
Masih ada banyak cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kondisi kulit agar tetap terjaga dan cantik. Salah satunya dengan rajin menggunakan sunscreen yang lebih murah daripada membeli suplemen minuman kolagen.

Kategori:Health, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.