Kenapa Orang Indonesia Sulit Lepas dari Nasi?

Bagi masyarakat Indonesia, nasi telah menjadi makanan pokok yang tidak boleh absen dari piring setiap harinya. Bahkan terdapat ungkapan yang mengatakan belum dapat disebut makan kalau belum makan nasi. Nasi pun menjadi makanan bagi seluruh usia dari berbagai kalangan. Sebetulnya, apa yang membuat masyarakat Indonesia begitu mencintai nasi?

Nasi Telah Ada Sejak Zaman Dahulu

Makan Nasi Sebelum Berolahraga, Baik atau Tidak?

Indonesia telah dikenal sebagai salah satu negara agraris yang sebagian besar masyarakatnya bekerja pada sektor pertanian. Hal ini membuat padi menjadi sangat dekat dengan nenek moyang, dan menghasilkan nasi yang menjadi makanan pokok setiap hari. 

‘Harus Makan Nasi’ Tertanam dalam Alam Bawah Sadar

Cara Diet Tanpa Makan Nasi yang Efektif Turunkan Berat Badan

Karena setiap hari memakan nasi dan menjadikannya sebagai makanan pokok, maka timbulah mindset yang tertanam dalam alam bawah sadar. Mindset inilah yang menghasilkan ungkapan belum makan kalau belum makan nasi meski telah mengkonsumsi makanan berkarbohidrat lainnya seperti kentang atau roti.

Banyaknya Variasi Nasi yang Diciptakan

Resep Nasi Goreng Bumbu Iris untuk Sarapan, Sisanya Bisa Buat Bekal di  Kantor

Karena nasi sangatlah dekat dengan masyarakat Indonesia, masyarakat pun melakukan berbagai inovasi untuk menghadirkan variasi dari nasi agar tak membosankan. Seperti halnya nasi kuning yang kaya akan rempah, nasi liwet yang gurih, nasi goreng yang dijumpai untuk makan malam, juga bubur untuk sarapan. Sangat kreatif kan?

Secara Tak Langsung, Nasi Membuat Ketagihan

Makan Nasi Sebelum Mulai Olahraga Tidak Dianjurkan, Ini Alasannya

Tak hanya tertanam dalam alam bawah sadar, nyatanya nasi pun memiliki senyawa yang membuat siapapun yang menyantapnya akan ketagihan secara tak langsung. Hal ini diakibatkan oleh indeks glikemik yang terkandung dalam nasi. Senyawa ini akan mengirimkan sinyal ‘lapar’ bagi otak ketika tak mengkonsumsi nasi. Karenanya, Anda pun akan merasa ketagihan untuk makan nasi.

Menarik bukan? Secara tak langsung hal ini menjadi sebuah budaya bagi masyarakat Indonesia yang harus makan nasi setiap saatnya. Agar nutrisi dalam tubuh Anda tetap seimbang, makan pula makanan bergizi lainnya sesuai dengan porsinya, ya!

1 reply

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.