Waspada! Ini Bahaya Minum Teh Setelah Makan

Di Indonesia, minum teh manis setelah makan sudah sangat umum dan menjadi kebiasaan, apakah Anda begitu juga? Ternyata, ini tidak dianjurkan karena tidak baik untuk tubuh. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu kesehatan, berikut penjelasannya!

Meminum teh setelah makan dapat membantu menghilangkan rasa kembung. Namun perlu diingat tidak semua teh dapat diminum setelah makan. Misalnya teh jahe dan teh hijau merupakan jenis teh yang aman diminum setelah makan. Ini karena manfaatnya yang baik untuk saluran pencernaan.

Mengapa minum teh setelah makan berbahaya?

Meski Nikmat, Minum Teh Setelah Makan Bukan Kebiasaan yang Sehat Halaman  all - Kompas.com

Beberapa ahli menyebutkankan jika kebiasaan minum teh setelah makan kurang baik karena beresiko dapat mengganggu proses pencernaan hingga penyerapan nutrisi dalam tubuh.  Ini karena adanya zat tanin dalam teh yang dapat mengikat zat besi dari makanan yang baru dikonsumsi. 

Ketika seseorang terbiasa minum teh setelah makan akan berisiko kekurangan zat besi. Implikasinya kepada masalah kesehatan seperti mudah lelah, merasa letih, mudah sakit, terlihat pucat, hingga jantung berdebar tidak beraturan. Apalagi bagi penderita anemia, kebiasaan ini harus dihindari. 

Sebaiknya, berikan jeda antara minum teh sekitar setengah jam atau satu jam setelah makan besar. Karena bukan hanya berdampak pada zat besi saja namun ternyata polifenol dalam teh juga bisa mengganggu penyerapan protein. 

Akibatnya, anda tidak memiliki asupan protein dan zat besi yang cukup, bahkan setelah makan. Padahal keduanya berfungsi untuk membentuk jaringan dan sel-sel tubuh, menjadi sumber energi, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga menghasilkan darah. 

Kategori:Health, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.