Jangan Salah, Ini Perbedaan Covid-19 dan Flu Biasa!

Saat ini, kasus covid-19 di Indonesia tengah melonjak tinggi. Belum lagi diperparah dengan adanya covid varian Delta yang digadang-gadang jauh lebih membahayakan dibandingkan varian sebelumnya. Belum lagi melansir info dari BMKG saat ini Indonesia tengah mengalami musim pancaroba, atau pergantian cuaca dari musim hujan ke musim kemarau.

Pada musim pancaroba, kerap kali terjadi perubahan suhu udara yang terbilang ekstrem. Ditambah dengan hujan dan angin kencang yang kerap datang. Hal ini jelas mendatangkan berbagai penyakit seperti halnya flu dan batuk. Di tengah pandemi seperti ini, perbedaan antara flu dan covid menjadi hal yang sulit dibedakan. 

Lalu, apa perbedaan yang mencolok antara Covid-19 dan influenza? Melansir dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), perbedaan paling signifikan adalah dari kecepatan penularan dan masa inkubasinya. Pada covid-19, masa inkubasi virus selama 5-6 hari, sedangkan pada influenza virus dapat terinkubasi selama 3-4 hari saja.

Ini Perbedaan Gejala Virus Corona, Influenza dan Flu Biasa
Source jatimnet.com

Selain masa inkubasi, terdapat pula perbedaan gejala yang dapat Anda amati. Bagi pasien flu biasa, gejala yang terjadi pada tubuh yakni demam, sakit kepala, juga hidung tersumbat. 

Bagi pasien covid-19, terdapat perbedaan yang signifikan dengan pasien flu biasa. Yakni mengalami gejala seperti sesak nafas, demam tinggi, juga anosmia atau kehilangan kemampuan indera penciuman. Kasus anosmia terjadi pada sekitar 87% orang yang mengalami gejala covid. Jika Anda mengalami gejala di atas, segera lakukan pcr untuk tindakan lebih lanjut.

Anda tak perlu khawatir dan panik berlebih, karena panik yang berlebihan hanya akan membuat Anda menjadi stress dan imun akan melemah. Karenanya, tetap taati protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, juga menjaga jarak. Anda juga dapat melakukan vaksin sebagai langkah pencegahan dari paparan covid-19 yang semakin ganas.

Kategori:Health, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.