Makanan yang Bantu Atasi Gejala Anosmia Covid-19

Kehilangan penciuman atau anosmia adalah salah satu gejala yang dialami oleh penderita Covid-19. Ini terjadi karena virus yang mempengaruhi sistem dan jaringan otak untuk mendeteksi bau. Meski kondisi anosmia dapat hilang dalam beberapa waktu, tapi bagi penderitanya akan merasa tidak nyaman. Berikut adalah makanan yang dapat membantu atasi gelasa anosmia!

Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih Atasi Penyakit Kolesterol, Pilek, dan Kanker - Tirto.ID

Bawah putih menjadi populer saat pandemi karena khasiatnya sebagai obat anti virus dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pengobatan tradisional asal India yaitu Ayurveda menyarankan untuk mengkonsumsi bawang putih untuk meredakan pembengkakan dan peradangan di sekitar saluran hidung.

Mengkonsumsi bawang putih dapat memudahkan pernapasan dan membantu memulihkan indera penciuman dengan cepat. Cara mengkonsumsinya, bawang putih dapat dibuat ramuan dengan cara dihancurkan lalu diberi air hangat. 

Cabai Merah atau Rawit

Kenali 12 Jenis Cabai di Pasaran Ini, Jangan Sampai Kita Tertukar - Semua  Halaman - Sajian Sedap

Bumbu dapur yang satu ini dapat membantu memulihkan anosmia. Adanya kandungan dalam rempah yaitu capsaicin, disebut cukup efektif untuk ‘membersihkan’ hidung yang tersumbat dan dapat meningkatkan fungsi indera penciuman. 

Baik cabai utuh maupun bubuknya dapat juga membantu menghilangkan flu. Untuk mengkonsumsinya, Anda dapat mencampurkan bubuk cabai dengan secangkir air dan tambahkan pemanis seperti madu sebagai perasa. 

Jahe

5 Manfaat Ajaib Minum Air Jahe di Pagi Hari

Bahan dapur lainnya yang dapat membantu meredakan anosmia adalah jahe. Jahe sebagai tumbuhan herbal merupakan ekspektoran alami (obat untuk tenggorokan berdahak atau batuk berlendir) yang memiliki sifat anti mikroba. Serta sebagai pereda nyeri yang ampuh untuk membantu mengobati infeksi di saluran hidung. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara diseduh atau dikunyah langsung. 

Aroma Jeruk

Aroma Jeruk, Cara Mudah dan Murah Atasi Stres - Health Liputan6.com

Mencium aroma jeruk dipercaya dapat menjadi trik untuk membantu memulihkan indera penciuman. Berasal dari pengobatan di Jamaika, jeruk yang dibakar di atas api lalu daging buahnya dimakan dapat menyegarkan indra penciuman. Sehingga saat mengendus sesuatu yang baunya kuat, akan mengembalikan indera penciuman.

Kategori:Health, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.