Cara Mudah Menyimpan Roti Agar Tidak Mudah Jamuran

Roti merupakan salah satu panganan pengganti karbohidrat. Biasanya roti dijadikan untuk sarapan maupun camilan. Namun, daya tahan roti yang tidak begitu lama, perlu teknik tertentu agar roti tidak mudah jamuran dan berakhir di tempat sampah. Berikut beberapa cara untuk menyimpan roti agar tidak mudah jamuran.

Bungkus Roti dengan Plastik

Roti Boleh Disimpan di Kulkas, Asalkan... : Okezone Lifestyle

Saat membeli roti, biasanya sudah terbungkus oleh plastik atau kertas. Jika menggunakan kemasan kertas, segera ganti dengan plastik ataupun aluminium foil. Ketika akan menyimpan roti, pastikan sudah terbungkus dengan plastik terlebih dahulu. Dengan cara ini, akan mengurung kelembaban alami roti, sehingga tekstur roti tidak akan cepat mengering dan keras.

Simpan di Freezer

Ini Rahasia Agar Roti Tahan Selama Mungkin - Womantalk

Biasanya daya tahan roti hanya selama 5 hingga 7 hari. Tetapi jika Anda memiliki roti yang baik, cara terbaik untuk menyimpannya agar tidak cepat berjamur adalah dengan menyimpannya di freezer hingga beku. Ini dilakukan untuk menurunkan suhu roti, sehingga proses pengkristalan zat tepung dapat dihentikan sementara. 

Untuk mengembalikan tekstur kerenyahannya, keluarkan roti dari freezer dan simpan di suhu ruangan. Anda juga dapat memanggangnya di dalam oven selama 5 menit. 

Simpan di Kotak Roti

Почему стоит хранить хлеб в деревянной хлебнице?

Jangan pernah membiarkan roti terbuka di suhu ruangan, ketika berada di tempat yang lembab jamur akan lebih mudah menempel pada roti. Anda dapat menyimpan roti di tempat khusus kotak roti untuk membuat roti tetap awet. Pastikan juga kotak yang digunakan tidak lembab dan tentunya bersih. 

Jangan Simpan di Kulkas

Jangan Taruh Roti di Dalam Kulkas! - Info Sehat Klikdokter.com

Mungkin Anda sudah sering menyimpan roti di dalam kulkas dengan harapan lebih awet, ternyata ini tidak dianjurkan. Ini karena kulkas memiliki suhu yang tidak terlalu dingin dan malah proses pembekuan yang setengah-setengah ini memicu pertumbuhan jamur lebih cepat. Anda dapat menyimpannya di freezer hingga beku. 

Kategori:Kitchen Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.