Kenali Penyebab Menurunnya Kolagen

Kolagen adalah protein yang menyusun tubuh, dapat ditemukan di kulit, otot, tendon, dan ligamen. Kolagen di kulit berperan untuk proses regenerasi kulit serta dapat menjaga kulit agar tetap elastis dan terhidrasi. Namun, produksi kolagen terus menurun seiring bertambahnya usia hingga memunculkan tanda-tanda penuaan.

Padahal, kolagen sangat berperan penting penting untuk membuat kulit halus, bebas keriput, kenyal, dan tampak awet muda. Selain faktor bertambahnya usia, adapun faktor penyebab lainnya yang membuat produksi kolagen menurun, seperti berikut ini:

Terpapar Sinar UV

Lindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Seringnya terpapar radiasi sinar ultraviolet (UV) akan memiliki dampak jangka panjang berupa mempercepat penuaan. Ini karena efek paparan UV dari matahari dapat memecah kolagen sehingga merusak serat elastin yang terletak di lapisan kulit paling dalam. 

Untuk menghindari bahaya dari paparan sinar matahari, Anda dapat rutin menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan pemecahan kolagen. Cukup gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 dan menggunakan perlindungan seperti topi saat aktif beraktivitas di luar ruangan yang terik. 

Merokok

Segelintir Bahaya Merokok bagi Kesehatan yang Banyak Orang Sadar Tapi  Sering Tidak Dihiraukan

Selain mengganggu kesehatan, kebiasaan merokok juga dapat merusakan kolagen kulit. Adanya bahan kimia yang terkandung pada tembakau dapat menyebabkan hilangnya kolagen. Lalu saat kulit bersentuhan dengan asap rokok, pembuluh darah akan menyempit dan berakibat kepada penghambatan aliran darah. Efeknya kolagen menjadi kering dan mati. 

Konsumsi Gula Berlebih

Suka Makanan Manis? Awas Ini Bahayanya Konsumsi Gula Berlebihan : Okezone  Lifestyle

Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menurunkan produksi kolagen dan bahkan merusak kolagen. Selain beresiko menderita diabetes dan terjadi peradangan, makanan manis juga dapat menghambat kolagen untuk memperbaiki dirinya sendiri. 

Kurang Tidur

10 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Tidur - Health Liputan6.com

Berkurangnya intensitas tidur memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan, termasuk mempercepat penuaan dini hingga membuat kulit kusam. Ini karena kurangnya tidur yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, hingga berakibat kepada rusaknya kolagen pada kulit. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.