Menekan Keterisian Ruangan Rumah Sakit, Pemprov Jabar Gandeng Hotel untuk Pasien Covid Gejala Ringan

Lewat laman resmi Pemerintah Jawa Barat, Ridwan Kamil mengumumkan menggandeng hotel Grand Asrilia untuk menjadi tempat bagi pemulihan pasien Covid-19. Nantinya, kamar di hotel ini diperuntukkan untuk pasien bergejala ringan yang tinggal melakukan fase pemulihan.

Hal ini dilakukan oleh Pemprov Jabar dalam rangka menekan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR). Sehingga pasien yang statusnya sudah hijau dapat dipindahkan, dan tempat tidur di rumah sakit dapat digunakan untuk pasien lain yang membutuhkan.

“Nah yang hijau ini bisa kita pindahkan di hotel yang kita kelola seperti di Asrilia. Sehingga pasien yang statusnya zona hijau di RS dipindahkan tempat pemulihannya. Sedangkan tempat tidurnya bisa diisi oleh pasien di RS yang gejalanya berada di zona kuning atau merah,” Terang Ridwan Kamil.

Pemprov Jabar Gandeng Grand Asrilia Hotel Sediakan Tempat Pemulihan Pasien COVID-19
Source : liputan6.com Foto : Yogi P/Biro Adpim Jabar

Tak hanya di Bandung saja, Ridwan Kamil menerangkan nantinya pola ini akan dilakukan di berbagai wilayah lain di Jawa Barat juga. Seperti halnya Bekasi dan Purwakarta yang telah melaporkan adanya gedung yang tersedia untuk proses penyembuhan pasien covid.

Kedepannya, Hotel Grand Asrilia dengan kapasitas 500 pasien ini dapat menjadi rujukan dari 59 rumah sakit di Bandung Raya. Ridwan Kami pun berharap dengan adanya fasilitas ini dapat mengurangi penanganan tenaga kesehatan karena lonjakan pasien di rumah sakit.

Ridwan Kamil pun menegaskan bahwa Hotel Grand Asrilia bukanlah tempat untuk melakukan isolasi mandiri. Melainkan bagi pasien yang sudah akan sembuh namun masih masa pemulihan atau dalam status hijau. Fasilitas ini tak dipungut biaya sepeserpun karena dibiayai oleh pemerintah. 

Kategori:Hot News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.