WHO Identifikasi Covid Varian Lambda, Sudah Menyebar di 29 Negara

Baru-baru ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan adanya varian baru dari covid-19 yang diberi nama Lambda atau C37. Varian ini disinyalir telah tersebar di 29 negara, utamanya negara-negara di kawasan Amerika Selatan. 

Sebenarnya varian ini pertama kali ditemukan di Peru pada Agustus 2020 kemarin, varian covid ini berkembang pesat di Amerika Selatan hingga saat ini. 81 persen kasus covid di Peru sejak April 2021 kemarin sudah dipastikan berasal dari varian Lambda. Tak hanya Peru, kasus ini pula dapat dengan mudah dijumpai di Brazil, Argentina, Kolombia, Ekuador, dan Chile dengan kasus terbanyak.

Karena banyak dijumpai di Amerika Selatan, WHO memprediksi bahwa Amerika Selatan akan menjadi episentrum bagi varian Lambda ini. Hal ini diperparah dengan sistem pelayanan kesehatan yang memprihatinkan karena berbagai fasilitas akan mengalami kebangkrutan. Ditambah dengan belum adanya kombinasi vaksin yang cukup untuk melawan varian Lambda ini.

Tak hanya di Amerika Selatan, baru-baru ini varian Lambda ditemukan di Inggris. Mengutip pernyataan Kementerian Kesehatan Inggris, varian ini dibawa oleh enam orang yang baru bepergian dari luar negeri.

Demi memantau pergerakan dari varian Lambda ini, WHO memasukkannya ke dalam Variant of Interest (VoI) yang merupakan klasifikasi untuk menunjukkan bahwa mutasi dapat mengakibatkan penularan di berbagai dunia.

Apabila kekacauan yang diakibatkan semakin parah, varian Lambda akan dimasukkan ke dalam klasifikasi Variant of Concern (VoC). Lebih parah dibandingkan VoI, daftar VoC merupakan varian yang memiliki tingkat penularan yang begitu tinggi bahkan memberikan ancaman bagi mekanisme pengamanan kesehatan.

Kategori:Health, Hot News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.