Cara Beradaptasi di Lingkungan Kerja yang Baru

Berada di tempat kerja yang baru tentu butuh waktu untuk beradaptasi. Mungkin bagi orang yang sulit bertemu orang baru akan sulit dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Belum lagi jika adanya senioritas antar pekerja di kantor, tidak mudah untuk mengetahui karakteristik seseorang. 

Berikut tips untuk Anda yang baru memasuki tempat kerja baru agar mudah beradaptasi!

Cobalah Bersikap Ramah

4 Cara Menciptakan Lingkungan Kerja Lebih Baik di Perusahaan

Untuk memberikan kesan pertama yang baik, cobalah untuk bersikap ramah dan sopan dengan semua orang yang ada di kantor. Dengan bersikap ramah, Anda akan lebih mudah diterima oleh rekan kerja dan akan terjalin hubungan yang baik. Jangan sampai Anda terlihat sombong bisa jadi akan mendapat cibiran dari rekan kerja.

Jangan ragu untuk murah senyum dan menyapa. Meski terkesan basa-basi, ini menjadi trik jitu agar rekan kerja baru Anda tidak ragu untuk memulai obrolan terlebih dulu.

Perhatikan Budaya Kerja

6 Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif dan Lebih Produktif

Setiap tempat kerja pastinya memiliki budaya kerjanya masing-masing. Anda pasti menemukan perbedaan dengan tempat kerja sebelumnya. Maka penting untuk mencermati budaya kerja di tempat baru, dengan begitu Anda tahu bagaimana cara menyesuaikan diri. 

Perhatikan bagaimana orang-orang di kantor berkomunikasi, cara berpakaian, dan cara mereka kerja. Jangan sampai panik saat hari pertama kerja, tetap tenang dan percaya diri. Setelah melihat ritme kerja, Anda dapat menyesuaikan dengan perlahan.

Tinggalkan Kebiasaan Buruk

Delapan Cara Efektif Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat –  IntiPesan.com

Jika di tempat pekerjaan lama Anda memiliki kebiasaan buruk, maka saat di tempat baru saatnya untuk memperbaiki diri. Jangan sampai kebiasaan buruk di tempat lama tetap terbawa, cobalah untuk melakukan kebiasaan baru yang positif agar lebih mudah diterima di tempat baru. Misalnya selalu mengerjakan pekerjaan tepat waktu, datang tepat waktu, dan lainnya.

Categories: Work

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.