Kasus Covid-19 Semakin Meningkat, Pemerintah Tetapkan PPKM Darurat khusus Jawa-Bali

Satgas Covid-19 mengatakan bahwa saat ini Indonesia tengah memasuki gelombang kedua pandemi. Melansir laman resmi Kemenkes RI, per tanggal 30 Juni kasus covid di Indonesia telah mencapai angka 2.178.272. Tak hanya itu, telah terdeteksi pula covid varian Delta dengan daya tular yang lebih cepat di beberapa wilayah di Indonesia. 

Untuk menekan kasus positif, Joko Widodo melalui channel Youtube resmi Sekretariat Presiden (01/07/2021) menyatakan bahwa akan melakukan PPKM Darurat khusus untuk wilayah Jawa dan Bali. Kebijakan ini dimulai pada tanggal 3-20 Juli 2021. 

“Setelah mendapatkan banyak masukan dari para menteri, para ahli kesehatan, dan juga para kepala daerah. Saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Khusus untuk di Jawa dan Bali.” Jelasnya 

PPKM Darurat atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat merupakan istilah yang digunakan untuk pembatasan daerah namun dengan cakupan lokasi yang lebih besar.

“PPKM darurat ini akan meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang selama ini sudah berlaku.” Lanjut Jokowi.

Mengutip dari laman resmi Instagram Ridwan Kamil, di Jawa Barat sendiri setidaknya 11 daerah naik status menjadi zona merah. Meliputi Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung Barat, Kota Depok, dan Kota Bekasi.

Karenanya, Ridwan Kamil mengimbau masyarakat untuk melakukan meniadakan beberapa jenis kegiatan dan  pengetatan jam dan lockdown di berbagai RT atau RW dengan indikasi situasi yang berat. Tak hanya itu, Ridwan Kamil pun mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 5M dalam kesehariannya.

Kategori:Hot News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.