PPKM Darurat Jawa Bali Resmi Dilaksanakan, Berikut Rincian Aturannya

Demi menekan lonjakan kasus covid-19, Presiden Joko Widodo mengeluarkan kebijakan PPKM Darurat khusus untuk wilayah Pulau Jawa dan Bali. Hal ini disampaikan olehnya lewat laman Youtube resmi Sekretariat Presiden (1/7/2021). 

“Setelah mendapatkan banyak masukan dari para menteri, para ahli kesehatan, dan juga para kepala daerah. Saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Khusus untuk di Jawa dan Bali.” Ungkapnya.

Terdapat setidaknya 15 poin aturan yang ditetapkan oleh pemerintah terkait kebijakan PPKM Darurat ini. Berikut adalah rinciannya.

Aturan Tempat Kerja

Bagi sektor non esensial wajib menerapkan sistem Work from Home (WFH). Sedangkan bagi sektor esensial seperti keuangan dan perbankan, pasar modal, sistem pembayaran, teknologi informasi dan komunikasi, perhotelan penanganan karantina, serta industri orientasi ekspor memberlakukan sistem 50% Work From Office (WFO) dengan protokol kesehatan ketat.

Sektor kritikal mencakup energi, kesehatan, keamanan, logistik dan transportasi, industri makanan, minuman dan penunjangnya, petrokimia, semen, objek vital nasional, penanganan bencana, proyek strategis nasional, konstruksi, utilitas dasar (seperti listrik dan air), serta industri pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari diperkenankan untuk WFO dengan protokol kesehatan ketat pula. 

Sedangkan untuk supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang memenuhi kebutuhan sehari-hari diperbolehkan untuk tetap buka. Namun jam operasional dibatasi hanya sampai pukul 20.00 dengan kapasitas pengunjung maksimal 50%.

Pusat Perbelanjaan Tidak Boleh Beroperasi

Khusus untuk mall, pusat perbelanjaan, dan pusat perdagangan harus ditutup. Namun warung makan, kafe, restoran yang berada di lingkup tersebut diperbolehkan buka hanya untuk take away.

Kebijakan Belajar Mengajar

Selama PPKM Darurat berlangsung, kegiatan belajar mengajar di seluruh bangku pendidikan harus dilaksanakan secara daring atau online kembali.

Kegiatan Konstruksi Tetap Beroperasi

Kegiatan konstruksi di lokasi proyek boleh tetap beroperasi, dengan catatan menerapkan protokol kesehatan yang lebih yang lebih ketat.

Fasilitas Umum dan Tempat Ibadah Tutup Sementara

Tempat ibadah seperti Masjid, Mushola, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng harus tutup sementara selama penerapan PPKM Darurat. Begitu pula dengan fasilitas umum lainnya seperti area publik, taman umum, juga tempat wisata.

Lokasi Kegiatan Sosial Ditutup

Lokasi kegiatan sosial termasuk kegiatan olahraga, kegiatan seni dan budaya, juga lokasi kegiatan sosial kemasyarakatan yang menimbulkan keramaian harus ditutup.

Pembatasan Transportasi

Bagi transportasi umum baik konvensional maupun daring  dan kendaraan sewa atau rental maksimal diisi dengan kapasitas sebanyak 70% dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pembatasan Kuota Pengunjung Resepsi Pernikahan

Untuk resepsi pernikahan, maksimal dihadiri oleh 30 orang dan tidak boleh ada pengunjung yang makan di tempat resepsi. Makanan tetap disediakan untuk dibawa pulang dengan wadah yang tertutup.

Kartu Vaksin untuk Pelaku Perjalanan

Bagi Anda yang akan melaksanakan perjalanan dengan menggunakan moda transportasi jarak jauh seperti pesawat maka Anda harus menunjukkan kartu vaksin (minimal 1 kali dosis) dan PCR H-2. Untuk mode transportasi lainnya Anda dapat melampirkan kartu vaksin dan hasil Antigen H-1.

Pengawasan Ketat

Pengawasan ketat wajib dilakukan oleh Satpol PP, TNI, dan Polri terutama pada bagian tempat kerja yang masih melakukan WFO.

Penguatan 3T (Testing, Tracing, Treatment)

Testing perlu ditingkatkan hingga positivity rate mencapai angka <5%. Sedangkan Tracing dilakukan hingga mencapai >15 kontak erat pada setiap kasusnya. Dan Treatment perlu dilakukan dengan komprehensif sesuai dengan beratnya gejala.

Target Vaksinasi Tercapai

Target vaksinasi diharapkan dapat mencapai 70% dari total populasi per kota/kabupaten hingga bulan Agustus 2021.

Selama menerapkan PPKM Darurat ini, diharapkan masyarakat memperketat protokol kesehatan dan menjaga kesehatan.

Kategori:Hot News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.