Sudah Tau Perbedaan Breakout dan Purging?

Menggunakan skincare merupakan sebuah rutinitas yang tak boleh terlewat untuk mendapatkan kulit sehat berseri. Banyaknya pilihan bahan aktif dalam skincare dengan manfaat yang berbeda, membuat Anda harus teliti ketika memilih produk. 

Tentunya skincare pun butuh waktu yang berbeda ketika beradaptasi dengan kulit Anda. Ketika beradaptasi, skincare yang bereaksi tersebut akan memberikan beberapa efek seperti jerawat dan bruntusan pada kulit Anda. Istilah efek karena adaptasi ini bisa menjadi breakout atau hanya purging. Lalu apa beda keduanya?

Purging sendiri merupakan suatu kondisi munculnya jerawat atau bruntusan pada kulit ketika Anda mencoba sebuah skincare baru. Melansir dari Healthline, purging bahkan membantu Anda untuk meregenerasi kulit dengan bahan aktif yang tersedia dalam skincare tersebut. 

Bahan aktif yang membuat kulit Anda purging biasanya adalah retinol, exfoliating acid, juga vitamin C. Pada tahapan purging, kulit akan mengeluarkan reaksi seperti jerawat, bruntusan, komedo, atau minyak berlebih dan terjadi di wilayah kulit yang bermasalah saja. Biasanya purging terjadi dalam waktu 4-6 minggu saja.

Sedangkan breakout berarti sebuah reaksi yang dikeluarkan oleh kulit karena tidak merasa cocok dengan produk tertentu. Tak seperti purging yang terjadi di wilayah kulit wajah yang bermasalah, breakout dapat terjadi di mana saja. 

Perbedaan Purging dan Breakout

Breakout sendiri biasanya berupa jerawat dan bruntusan hebat yang bahkan memicu alergi dan membuat kulit Anda mengelupas. Anda dapat mengetahui bahwa kulit tengah mengalami breakout ketika diawali dengan rasa gatal dan kemerahan pada wajah. 

Ketika kulit Anda mengalami breakout, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah berhenti menggunakan rangkaian skincare yang diduga menjadi pemicu kerusakan pada kulit Anda. Jika perlu, konsultasikan pada ahli agar Anda dapat segera memperbaikinya.

Kategori:Beauty, Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.