Waspada Dampak di Balik Pemutih Instan Berbahan Merkuri

Belakangan ini banyak ditemukan pemutih wajah dengan harga yang sangat miring. Klaim yang ditawarkan adalah memiliki putih dalam waktu sangat cepat. Mirisnya, banyak wanita yang memilih untuk menggunakan rangkaian pemutih yang bahkan tak terdaftar di BPOM itu.

Alasan murah dan klaim memutihkan secepat kilat membuat wanita tertarik tanpa mengetahui bahan berbahaya yang terkandung di dalamnya. Yakni merkuri, bahan kimia yang memang membuat kulit Anda menjadi sangat putih namun nyatanya menyimpan segudang bahaya.

Sebenarnya, apa itu merkuri? Merupakan salah satu jenis logam berat yang berada di alam. Apabila terlalu banyak dikonsumsi atau digunakan pada tubuh, maka akan menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan Anda. 

Di Indonesia sendiri, penggunaan merkuri terbagi ke dalam dua jenis yakni organik dan anorganik. Merkuri anorganik merupakan kandungan merkuri yang berbahaya dan kerap kali ditemui dalam krim pemutih maupun sabun cuci muka. Sementara kandungan merkuri organik dapat ditemui pada pembersih make up, kandungannya pun tak lebih dari 0,0007%.

Lalu, bagaimanakah dampak merkuri bagi kesehatan Anda? Meskipun memberikan efek mencerahkan yang sangat instan namun dampak yang dihasilkan tak main-main. Pada kulit, merkuri dapat merusak skin barrier sehingga kulit mengelupas bahkan merusak pigmen alami.

Tak hanya itu melansir dari Medical Daily, merkuri yang terkandung pada tubuh dapat membuat insomnia, gangguan sensorik pada tubuh, atrofi otot, hingga gagal ginjal. Kandungan merkuri semakin lama dapat menguap dan mencemari udara, sehingga membuat orang di sekitar Anda terkontaminasi.

Dengan berbagai bahaya yang disebabkan oleh merkuri, membuat BPOM RI melarang dengan keras adanya kandungan merkuri yang terlalu tinggi pada kosmetik. Oleh karena itu pastikan Anda tidak membeli kosmetik yang tidak terdaftar dalam laman resmi BPOM RI.

Kategori:Beauty, Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.