Butterfly Hug: Cara Sederhana untuk Mengontrol Emosi

Butterfly hug atau pelukan kupu-kupu merupakan bentuk terapi mandiri untuk mengontrol rasa cemas dan membuat diri lebih tenang. Teknik ini cukup efektif untuk membuat perasaan orang-orang menjadi lebih baik. Hingga butterfly hug menjadi terapi mandiri yang disarankan oleh dokter, psikolog, atau terapis untuk mengatasi kecemasan seseorang.

Ketika Anda merasa tidak enak hati, emosi yang memuncak, atau cemas berlebih hingga merasa semuanya di luar kendali Anda dapat mencoba teknik butterfly hug. Ini dapat menjadi pertolongan pertama, untuk membuat pikiran lebih tenang dan tubuh menjadi lebih rileks. Akhirnya emosi dan perasaan yang tak terkendali berangsur-angsur dapat mereka. 

Butterfly hug juga dapat mengatasi kecemasan bagi penderita PTSD atau gangguan stress pascatrauma. Ketika ingatan mereka muncul akan peristiwa traumatis hingga merasa tertekan secara emosional, dapat melakukan butterfly hug karena efektif untuk mengatasi kecemasan PTSD. 

Sebuah penelitian menyebutkan jika butterfly hug dapat diterapkan secara rutin untuk anak yang kurang mampu dalam memahami dan mengendalikan emosinya. Melakukan butterfly hug dapat membuat anak lebih pandai dalam mengelola emosinya sendiri. Serta dapat membuat anak lebih toleransi, dapat menolong orang lain, serta melakukan kerjasama.

Cara melakukannya juga mudah, Anda dapat melakukannya dengan menyilangkan tangan di depan dada senyaman mungkin. Tutup kedua mata Anda sambil mengatur nafas dan fokuskan pikiran. Lalu lakukan gerakan menepuk-nepuk tangan kepada pundak secara perlahan hingga kedua telapak tangan terlihat mengepak seperti kupu-kupu.

Sambil menepuk-nepuk bahu, cobalah bernafas dengan perut dan rasakan semua hal di sekitar. Pusatkan pikiran hingga diri Anda lebih tenang. Ini dapat dilakukan selama 30 detik atau hingga Anda merasa lebih tenang. 

Kategori:Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.