Demi Kesehatan, Jangan Tahan Bersin Anda!

Setiap orang pasti pernah bersin. Berawal dari sensasi hidung yang gatal menggelitik ini sebenarnya merupakan salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan kotoran dan debu yang menumpuk dalam hidung. Tak hanya itu, bersin pun terkadang menjadi sebuah tanda bahwa tubuh Anda sedang tak baik-baik saja.

Sebenarnya, apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika Anda bersin? Melansir dari Healthline, penyebab bersin yaitu adanya partikel debu atau kotoran yang masuk ke dalam hidung Anda. Ketika debu tersebut mengenai bulu-bulu halus dalam hidung, secara otomatis bulu hidung akan mengirimkan sinyal listrik pada otak untuk membersihkan hidung. 

Tak hanya memberikan respon pada hidung, otak pun menyampaikan pesan kepada otot-otot tubuh untuk berkontraksi. Hal inilah yang membuat ketika akan bersin tubuh kita refleks menutup mata, lidah pun bergerak ke langit-langit mulut, dan otot hidung bersiap untuk mengeluarkan partikel kotoran. 

Karena otot hidung mendorong keluar kotoran secara spontan, tak jarang disertai dengan cairan juga lendir yang dikeluarkan oleh tubuh ketika bersin berlangsung. Tak hanya kotoran, kerap kali terdapat mikroba dan virus yang turut keluar. Karenanya kita dianjurkan untuk menutup mulut dan hidung saat bersin agar tak menyebarkan kuman juga penyakit.

Lalu apa akibat dari menahan bersin? Meski peristiwa bersin hanya terjadi selama beberapa detik, dampak yang ditimbulkan sangatlah besar jika Anda menahannya. Bersin yang tertahan dalam tubuh Anda akan membuat tekanan udara di sekitar wajah meningkat tajam. Apabila dibiarkan, hal ini akan membuat pembuluh darah di sekitar mata, hidung, dan telinga pecah. Lebih jauh, dapat membuat gendang telinga retak.

Oleh karena itu, demi kesehatan Anda janganlah menahan bersin. Segera cari matahari karena hangatnya dapat semakin merangsang hidung untuk melakukan kontraksi dan mengeluarkan kotoran. 

Kategori:Health, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.