Introvert Hangover, Kondisi Terlalu Lelah Bersosialisasi

Sebagai makhluk sosial, berinteraksi sudah menjadi hal yang selalu dilakukan dan tidak bisa dihindari. Namun untuk beberapa orang, seperti introvert misalnya, mereka merasa interaksi dengan orang lain adalah hal yang kurang nyaman. Ketika mereka terlibat dalam kegiatan bersosialisasi dengan banyak orang akan merasa kehilangan energi dan merasa pusing.

Berbeda dengan kepribadian ekstrovert yang menjadikan bersosialisasi sebagai kebutuhan utamanya, introvert justru mendapatkan energi dengan menikmati waktu sendirian. Saat seorang introvert kelebihan berinteraksi, akan menyebabkan introvert hangover. Istilah ini menggambarkan kondisi yang lelah secara fisik dan mental karena terlalu banyak mendapatkan stimulasi sosial.

Introvert hangover bukan sebuah penyakit dan bukan pula kondisi yang serius. Kondisi ‘hangover’ yang dialami biasanya akan membaik saat penderita telah menangkan dirinya dengan menarik diri dari keramaian ke tempat yang lebih sepi dan tenang. 

Tanda-tanda Mengalami Introvert Hangover

Mengenal Lebih Dekat Introvert Hangover - Majalah El-Nilein

Seseorang yang mengalami introvert hangover biasanya akan mengalami beberapa gejala. Tanda yang paling utama adalah tidak bisa berpikir jernih. Saat tubuh merasa lelah, seorang introvert akan kesulitan dalam mencerna pembicaraan. Bahkan mereka akan kesulitan untuk mengingat detail kejadian karena sudah terlalu lelah.

Kondisi ini membuat seseorang menjadi lebih gugup akan hal yang kecil. Mereka akan merasa ‘terjebak’, khawatir berlebih, dan berpikiran negatif. Keinginan untuk menyendiri akan muncul saat mereka mengalami introvert hangover. 

Tak hanya terjadi secara mental, introvert hangover juga kerap terjadi secara fisik. Biasanya saat sudah lelah bersosialisasi, akan mengalami sakit kepala, pusing, nyeri otot, hingga sakit perut. 

Categories: Health, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.